Jelang Pendataan Keluarga 2015, BKKBN Kaltim Lakukan Orientasi

   Menjelang dilaksanakannya Pendataan Keluarga yang akan dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia pada bulan Mei mendatang, Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Timur melaksanakan “Orientasi Pendataan Keluarga 2015” di Kota Balikpapan (27/03/2015). Acara yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan Kantor BPMPPKB Kota Balikpapan dibuka oleh Kepala BPMPPKB Kota Balikpapan Sri Wahjuningsih dan diikuti sebanyak 120 orang yang terdiri dari seluruh pejabat struktural BPMPKB. Koordinator PKB, PLKB , PPKBD dari seluruh Kelurahan di Kota Balikpapan.

   Kepala BPMPPKB Kota Balikpapan Sri Wahjuningsih dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Pendataan Keluarga 2015 merupakan kegiatan pendataan yang sangat strategis untuk mendapatkan data mikro keluarga by name by address yang valid, relevan, kredibel  dan bisa dipertanggungjawabkan (akuntabel). Data keluarga yang nantinya dihasilkan selain akan dijadikan sebagai peta sasaran program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK)  akan tetapi data tersebut betul-betul dapat menjadi acuan didalam mengintervensi program pembangunan lainnya khususnya di Kota Balikpapan, seperti data yang bisa sinkron dengan penerima BPJS maupun Penerima Bantuan Iuran (PBI).”.

    Oleh karena itu kepada PKB yang nantinya menjadi penanggung jawab pendataan keluarga dilapangan  agar benar-benar memiliki komitmen dalam melakukan Pendataan Keluarga ini. Patuhi seluruh rangkaian pendataan keluarga yang disampaikan oleh narasumber terutama jadwal pelaksanaannya. Orientasi yang kita ikuti hari ini agar ditindaklanjuti dengan sosialisasi di kelurahan. Penyiapan sub PPKBD selaku kader pendata harus dilakukan dengan benar dan baik, sehingga tidak terjadi kesalahan dalam penulisan sewaktu kader melaksanakan pendataan. Pastikan setelah Kader selesai melakukan pendataan kunjungan ke rumah, dilanjutkan dengan pembuatan Peta Keluarga untuk semua Rukun Tetangga (RT) yang terdata” tegasnya.

   Sementara itu Kepala .Bidang Adpin BKKBN Kaltim menyampaikan bahwa  tahun 2015 pelaksanaan Pendataan Keluarga menjadi program prioritas BKKBN karena  dilaksanakan pada awal  RPJMN 2015-2019. Hasil Pendataan Keluarga tahun 2015 harus menjadi primadona untuk menjawab kebutuhan data dan informasi keluarga yang dibutuhkan oleh program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga. Keunggulan hasil Pendataan Keluarga adalah dapat ditelusuri by name by address sehingga memberikan kepastian terhadap sasaran program yang tepat dan akurat. Untuk mendukung  Pelaksanaan Pendataan Keluarga  tahun 2015 maka perlu dilaksanakan Orientasi Pendataan Keluarga Tahun 2015 bagi Pengelola Pendataan Keluarga  di tingkat Kabupaten/Kota.

    Selanjutnya Haris Ananta staf Bidang Adpin menjelaskan tata cara dan teknis pengisian Form Pendataan Keluarga 2015.. Pada sesi ini tampak seluruh peserta sangat antusias mengikutinya,ditandai dengan banyaknya pertanyaan yang dilontarkan peserta dalam rangka lebih memahami sinkronisasi antara Formulir pendataan dengan data keluarga sesuai dengan realitas dilapangan. (ludya-ikap)