Kepala Sekolah Negeri se Balikpapan Siap PPDB Online

Balikpapan, Humaspro – Seluruh Kepala SMPN, SMAN, dan SMKN se Kota Balikpapan menyatakan kesiapannya dalam  Proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online Tahun 2015.  Disaksikan oleh Wali Kota dan segenap pemangku kepentingan bidang pendidikan di Kota Balikpapan, seluruh Kepala Sekolah Negeri se Kota Balikpapan menandatangai Pernyataan Kesiapan PPDB Online Tahun 2015.

Pada acara yang berlangsung di Aula SMPN 1 Balikpapan, Senin (6/4/2015) Kepala Dinas Pendidikan Kota Balikpapan Fachruddin Harami mengungkapkan bahwa acara ini merupakan lanjutan dari acara pemaparan (ekspos) tentang PPDB online beberapa waktu lalu.

“Acara ini merupakan kelanjutan dari ekspos PPDB online beberapa waktu lalu di kantor wali kota. Saat itu Wali Kota ingin mendengar dan melihat langsung kesiapan Kepala Sekolah atas pemberlakuan PPDB online tahun ini,” ujar Fachruddin.

“Waktu itu Pak Wali  menegaskan suatu sistem akan berjalan dengan baik apabila seluruh stakeholders mau mentaati sistem tersebut,” lanjutnya.

Fachruddin juga menambahkan bahwa PPDB online yang akan diberlakukan pada tahun ini merupakan wujud reformasi birokrasi dan komitmen yang tinggi dari Pemerintah Kota Balikpapan dalam hal memberikan pelayanan yang transparan, akuntabel dan keadilan bagi seluruh masyarakat Kota Balikpapan.

Kesiapan penerapan PPDB online tidak hanya disampaikan oleh para kepala sekolah yang sekolahnya berada di dalam kota. Para kepala sekolah yang sekolahnya berada di pinggir kota pun menyatakan kesiapannya akan pemberlakuan sistem ini.

Selain menyatakan kesiapannya atas pemberlakuan PPDB online tahun ini,  pada sesi dialog sejumlah kepala sekolah menyatakan telah menyiapkan langkah inovatif guna membantu calon orang tua siswa yang kurang memahami teknologi informasi.

“Sekolah kami ada di Lamaru. Kami telah menyiapkan petugas dari guru-guru IT kami untuk mendampingi dengan ramah para calon orang tua murid supaya merasa tenang dan tidak khawatir dengan gangguan-gangguan teknis jaringan karena tidak menguasai teknologi informasi dan merasa aman untuk mengikuti PPDB online,” terang Kepala SMAN 7 Balikpapan.

Mengakhiri arahannya, Wali Kota berharap agar penerapan PPDB online pada tahun ini dapat menciptakan proses penerimaan siswa baru di seluruh sekolah negeri se Balikpapan dapat lebih tertib dan jujur. (hms/nov)