Presiden Minta Walikota Fokus Pada Kekhasan Daerah

Ambon, balikpapan.go.id – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meminta  pada seluruh Walikota agar dalam menjalankan program pembangunan daerahnya lebih berfokus pada karakteristik dan kekhasan masing-masing daerah. Pesan tersebut disampaikan Presiden pada acara Pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia di Natsepa Convention Center, Ambon (7/5/2015).

Pada acara bertema Optimalisasi Kemaritiman Nasional Dalam Rangka Mendorong Pembangunan Infrastruktur Kota dan Kota Pantai, lebih lanjut Presiden meminta agar masing-masing pemerintah kota dapat saling berkolaborasi dan bersinergi dalam pengembangan wilayahnya.

“Fokus pada kekhasan daerah yang dimaksud oleh Bapak Presiden tadi adalah masing-masing daerah pasti mempunyai karakteristik dan kekhasan tersendiri, sehingga antar daerah tidak perlu bersaing dan meniru-niru tetapi justru harus saling bekerja sama untuk mengembangkan pembangunan di daerahnya dengan tetap mengedepankan kekhasan daerahnya,” terang Kabag Kerjasama Daerah Administrasi Wilayah dan Pertanahan (KDAWP) Setdakot Balikpapan, Tommy Alvianto, yang hadir mendampingi Walikota Balikpapan pada acara Rakernis APEKSI di Ambon.

Menurut Tommy, pada sambutannya, Presiden tidak hanya meminta daerah untuk lebih fokus pada kekhasan daerah tetapi juga meminta agar alokasi APBD kabupaten/kota lebih banyak dimanfaatkan untuk belanja langsung daripada belanja rutin. Presiden juga berencana akan menggulirkan dana sebesar 100 milyar untuk masing-masing kabupaten/kota untuk pembangunan, tidak termasuk biaya pemeliharaan jalan.

“Rencananya dana tersebut akan diberikan untuk setiap kabupaten/kota di Indonesia. Pemanfaatan dana tersebut juga akan dipantau dan dievalusi. Bagi kabupaten/kota yang mampu memanfaatkan dananya untuk peningkatan kualitas pelayanan publik misalnya dengan pengembangan pelayanan terpadu serta pelaksanaan Nawacita dengan baik, maka kemungkinan dana yang diberikan akan ditambah,” terang Tommy.

Usai dibuka oleh Presiden, Rakernis APEKSI dilanjutkan dengan sidang pleno yang diikuti oleh perwakilan delegasi masing-masing kota untuk membahas sejumlah agenda dan merumuskan rekomendasi untuk pertemuan APEKSI berikutnya. Dari hasil sidang pleno ditentukan bahwa Rakernas APEKSI untuk tahun 2016 akan diselenggarakan di Kota Jambi. (hms/nov, foto:rey)