Walikota : Tahun 2014, Masih Ada Beberapa Titik Banjir dan Sering Terjadi Kebakaran

Balikpapan, balikpapan.go.id – Wali Kota Balikpapan, Senin (12/5/2015) siang menyampaikan Nota Penjelasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ)  Walikota Balikpapan Tahun Anggaran 2014 dalam Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan yang digelar di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Balikpapan.

Sebelum membacakan nota penjelasan LKPJ, walikota menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh warga Kota Balikpapan yang telah mengikuti voting We Love Cities yang diprakarsai oleh World Wildlife Fund (WWF) sehingga Balikpapan mendapat predikat The Most Loveable City Tahun 2015.

“Saya berharap penghargaan ini dapat meningkatkan komitmen kita bersama untuk menjadikan Kota Balikpapan sebagai kota yang nyaman dihuni, ramah lingkungan, kota yang dicintai dan menjadi kebanggan warganya, serta menjadi percontohan bagi kota-kota lainnya di Indonesia,” ujar Wali Kota mengawali sambutannya.

Lebih lanjut Wali Kota menyampaikan pelaksanaan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kota Balikpapan selama ini tidak hanya bertumpu pada pembiayaan oleh Pemerintah melalui APBD, tetapi juga didukung oleh investasi masyarakat dan swasta yang cukup besar sebagai bentuk peran serta dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat.

Meskipun kesejahteraan masyarakat Balikpapan menunjukkan peningkatan dan perekonomian mengalami pertumbuhan pada tahun 2014, tetapi masih terdapat beberapa permasalahan kota yang perlu diselesaikan.

“Permasalahan kota yang dimaksud, antara lain : masih adanya beberapa titik banjir, masih sering terjadi bencana kebakaran, masih adanya permukiman yang kurang layak dan permukiman di lokasi-lokasi yang rawan longsor dan kemacetan lalu lintas di beberapa titik lokasi,” terang Wali Kota.

“Disamping beberapa permasalahan pokok kota tersebut, Pemerintah Kota Balikpapan juga masih perlu konsentrasi untuk menuntaskan beberapa program startegis yang menjadi prioritas dalam RPJMD tahun 2011-2016, yaitu pembangunan Stadion Balikpapan, pengembangan RSUD Kota Balikpapan, pembangunan Balikpapan Islamic Center, pembangunan terminal barang, pembangunan Kawasan Industri Kariangau, pembangunan terminal antar kota dan Pasar Teritip, pembangunan pasar induk, dan pembangunan coastal road,” lanjutnya.(hms/nov,foto:din)