Manggar, Sumber Rejo dan Karang Rejo Siap ke Tingkat Nasional

Balikpapan, balikpapan.go.id – Tiga kelurahan di Kota Balikpapan akan mewakili Provinsi Kaltim berlomba di tingkat nasional. Masing-masing adalah Kelurahan Manggar yang akan mengikuti lomba Kelurahan Berprestasi, Kelurahan Sumber Rejo untuk lomba Posyandu dan Kelurahan Karang Rejo sebagai Pelaksana Terbaik Gotong Royong Masyarakat.

Berita keberhasilan ketiga kelurahan tersebut disampaikan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPPKB) Kota Balikpapan, Sri Wahyuningsih, pada Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-43 dan Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Tingkat Kota Balikpapan Tahun 2015 yang berlangsung di Balikpapan Sport and Convention Center Dome Balikpapan, Rabu (13/5).

“Pada kesempatan ini saya mohon doa restu dan dukungan dari seluruh hadirin untuk keberhasilan ketiga kelurahan tersebut, menyusul keberhasilan Kelurahan Manggar Baru dan Kelurahan Manggar yang pada tahun- tahun sebelumnya pernah meraih kesuksesan dalam perlombaan yang sama,” harap Sri Wahyuni.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Pemerintah Kota Balikpapan senantiasa memperingati HKG PKK dan BBGRM dan menjadikannya agenda rutin.

“Peringatan HKG PKK dan BBGRM merupakan agenda rutin yang bertujuan untuk pelestarian nilai-nilai gotong royong melalui peningkatan partisipasi dan pemberdayaan masyarakat dalam membangun wilayahnya masing-masing melalui peran aktif Lembaga Pemberdayaan Masyarakat selaku motor penggerak BBGRM, dan sebagai tindak lanjut dari pencanangan ini adalah dilaksanakannya gotong royong di seluruh wilayah Kota Balikpapan mulai Mei hingga Desember,” terang Sri Wahyuni.

Pada kesempatan yang sama Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi menegaskan pula bahwa gotong royong dalam masyarakat harus terus digelorakan untuk kesejahteraan bersama.

“Gotong royong ini juga merupakan bagian dari revolusi mental dan harus digelorakan dalam masyarakat untuk kemandirian dan kesejahteraan masyarakat,” ujar Walikota.

“Saya juga hormat pada PKK dan seluruh kader-kadernya. Tanpa gaji dan honor mereka rela bekerja menjalankan 10 program pokok PKK dan kegiatan lainnya yang hasilnya sangat bermanfaat bagi masyarakat. Sekali lagi saya hormat pada PKK,” lanjutnya.

Usai pemukulan kentongan sebagai tanda pencanangan BBRGRM Wali Kota Balikpapan melakukan Pengukuhan Forum Anak Kota Balikpapan periode 2015-2017 dan Forum Peduli Perlindungan Anak Kota Balikpapan. (hms/nov, foto : wfn)