PPK dan PPS Se Kota Balikpapan Resmi Dilantik

Balikpapan, balikpapan.go.id – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan Noor Thoha, Senin (18/5) melantik Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se Kota Balikpapan yang akan bertugas pada pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Balikpapan tahun 2015.

Acara pelantikan yang digelar di Sea View Ballroom Hotel Menara Bahtera dihadiri oleh Wali Kota, anggota Muspida, Komisioner KPU Kota Balikpapan, sejumlah Kepala SKPD serta Lurah dan Camat se Kota  Balikpapan

Melalui Surat Keputusan KPU Kota Balikpapan Nomor 24/KPTS-KPU-BPP-021436208/2015 tanggal 17 Mei 2015 dan Surat keputusan KPU Kota Balikpapan Nomor 25/KPTS-KPU-BPP-021436208/2015 tanggal 17 Mei, Ketua KPU Kota Balikpapan melantik PPK dan PPS se Kota Balikpapan yang akan bertugas mulai tanggal 18 Mei 2015 hingga 8 bulan kedepan.

Kepada para anggota PPK dan PPS yang baru dilantik, Ketua KPU Kota Balikpapan Noor Thoha menegaskan agar dalam menjalankan tugasnya PPK dan PPS selalu berpegang pada peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam penyelenggaraan pemilu, selalu menjaga integritas, loyalitas dan dedikasi.

“Mulai saat ini, saudara-saudara sekalian adalah penyelengara pemilu. Saudara-saudara bukan pengawas, bukan pengamat, dan tidak boleh menjadi anggota tim sukses salah satu calon walikota atau wakil walikota,” ujar Noor Thoha.

“Untuk itu apa yang saudara-saudara ucapkan menyangkut tentang pemilu harus berdasarkan undang-undang dan peraturan lainnya yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu. Anda tidak boleh memberikan prediksi atau kalimat lain yang bersifat ramalan tentang siapa yang akan menjadi pemenang dalam pemilu ini,” tegasnya.

“Jika anda mendapat pertanyaan siapa sekiranya yang akan terpilih dalam sebagai wali kota dan wakil wakil walikota Balikpapan tahun ini, saudara hanya boleh menjawab bahwa pemenang pemilu adalah peraih suara terbanyak dalam pemilu ini,” lanjut Noor Thoha.

Sementara itu Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi yang dalam acara tersebut berkesempatan menyampaikan sambutan, meminta agar para PPK dan PPS yang baru dilantik dapat benar-benar menjalankan tugasnya menyelenggarakan  pemilu wali kota dan wakil wali Kota Balikpapan tahun 2015 dengan sukses.

“Sukses disini bukan hanya sukses penyelenggaraan tetapi sukses partisipasi. Maksudnya saudara-saudara sekalian juga mempunyai peran dalam meningkatkan partisipasi warga Balikpapan untuk memberikan hak suaranya. Apabila dalam pilpres lalu tingkat partisipasi warga Balikpapan dalam pemilu hanya sekitar 70%, saya berharap pada pemilu walikota dan wakil walikota tahun ini bisa meningkat. Dan saya meminta kepada Lurah dan Camat untuk selalu mengajak warganya memberikan hak pilihnya,” harap  Rizal.

“Akhirnya, saya ucapkan selamat bertugas, jaga kekompakan, jaga stamina, terima kasih untuk saudara-saudara sekalian meskipun dengan honor kecil saudara-saudara sekalian ikhlas meluangkan waktu bersedia menjadi PPK dan PPS dengan tugas yang cukup berat,” pungkas Rizal. (hms/nov,foto:fit)