Tim Penilai WTN Serahkan Hasil Penilaian Tahap III

Balikpapan, balikpapan.go.id – Tim penilai lomba tertib lalu lintas dan transportasi jalan dari Kementerian Perhubungan RI, Selasa (19/5) pagi menyerahkan hasil penilaian tahap III Anugrah Wahana Tata Nugraha (WTN) atas Kota Balikpapan. Hasil penilaian tersebut diserahkan Ketua Tim Penilai WTN Ir. Rusli Rahim kepada Pemerintah Kota Balikpapan yang dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli Bidang Transportasi dan Manajemen Perkotaan, Suseno, di Ruang Rapat I Kantor Wali Kota Balikpapan.

Dalam kesempatan tersebut, Rusli Rahim menyampaikan paparan hasil penilaian selama tim berada di Balikpapan.  Dalam paparannya Rusli mengevaluasi beberapa temuan terkait ketertiban berlalu lintas  dan transportasi di Balikpapan serta memberikan masukan untuk perbaikannya.

Menurut Rusli, sebagai kota besar, dari segala aspek penilaian untuk Kota Balikpapan sudah menunjukkan nilai yang cukup baik. Namun demikian masih terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan.

“Dari aspek tata guna terkait dengan ruang, aspek sirkulasi , penataan bangunan dan utilitas di Balikpapan sudah cukup baik,” ujar Rusli.

“Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan,  diantaranya masih adanya angkutan umum tidak resmi yang beroperasi di Balikpapan seperti ojeg dan kendaraan plat hitam, peletakan pot bunga dan tumpukan material bangunan di trotoar yang mengganggu pejalan kaki, jalan yang bergelombang, masih adanya kendaraan yang parkir di badan jalan, rambu lalu lintas yang terhalang pohon, adanya para pengemudi kendaraan R4 yang tidak menggunakan safety belt serta adanya anak-anak pengendara R2 yang tidak memakai helm,” lanjutnya.

Menanggapi apa yang disampaikan tim penilai, Staf Ahli Bidang Transportasi dan Manajemen Perkotaan mengungkapkan temuan-temuan di lapangan tersebut akan segera ditindaklanjuti dan segera diperbaiki. Suseno juga akan berkooordinasi dengan SKPD terkait seperti Dinas PU, DKPP, Satpol PP, dan Satuan Lalu Lintas  dari Kepolisian Resor Balikpapan. (hms/nov,foto:rey)