PDAM Lakukan Perawatan dan Perbaikan, 50% Pelayanan Distribusi Air Bakal Terganggu

Perusahaan Daerah Minum (PDAM) Kota Balikpapan berencana stop produksi dan distribusi sementara untuk IPAM Kampung Damai pada Rabu (5/8) karena adanya perawatan dan perbaikan yang meliputi 17 item. Untuk kegiatan perawatan, PDAM akan memasang alat ukur pipa diameter 600mm steel di KM 12, alat ukur diameter 400mm steel ke arah Balikpapan Baru, pemasangan butterfly valve diameter 500 mm, 400 mm, 350 mm, 150 mm dan 100 mm yang berada pada jalur Instalasi Pengolahan Air Minum Kampung Damai. Sementara untuk kegiatan perbaikan, akan dilakukan penggantian mechanical seal untuk Pompa Distribusi 4, pengecekan trafo 1 dan 2 di IPAM Kampung Damai dan tangki air vessel.

Pada waktu bersamaan, dilakukan pula penyambungan pipa distribusi yaitu koneksi pipa di daerah Puskib dan Bank Mandiri Klandasan, penggantian gate valve di simpang tiga Gunung Guntur, gate valve diameter 150 dan 75 mm di WashOut samping TK Bhayangkari dan gate valve 200 mm di eks Bioskop Gelora. Haidir Effendi selaku Direktur Utama PDAM Kota Balikpapan menyampaikan bahwa pekerjaan tersebut akan dilaksanakan pada Rabu 05 Agustus 2015, dalam satu hari penuh dan bersamaan, dimulai jam 08.00 WITA sampai dengan selesai. Pekerjaan ditargetkan selesai dalam waktu 1 x 24 jam.
 
Akibat kegiatan ini, 50% pelayanan distribusi air akan terganggu untuk kawasan yang dialiri melalui IPAM Kampung Damai. Kawasan tersebut meliputi sebagian Kecamatan Balikpapan Selatan, Tengah, Barat, Timur, dan Balikpapan Kota. Haidir menghimbau pelanggan untuk mempersiapkan penampungan di rumah serta untuk menyimpan cadangan air di rumah selama air mengalir. Kegiatan perawatan dan perbaikan ini sempat tertunda pada bulan Ramadhan lalu dan baru bisa dilaksanakan pasca Ramadhan/Idul Fitri, dan merupakan upaya dalam meningkatkan pelayanan  kepada para pelanggan.

Tak lupa Haidir menyampaikan permohonan maaf yang sebesar besarnya atas ketidaknyamanan ini, terutama kepada pelanggan yang daerahnya lebih dahulu tidak mengalir. "Untuk antisipasi, PDAM Balikpapan tetap menerima pemesanan air tangki sesuai antrean dengan menghubungi di nomor telepon 0542-876468, atau dengan mengunjungi langsung terminal tangki di Jl. MT. Haryono seberang Kantor Disdukcapil," imbuhnya.

 

sumber: http://pdamtirtamanggar.com/index.php/231-pdam-kota-balikpapan