Kota Balikpapan pun Bisa Panen Padi

Balikpapan, Humaspro – Kerjasama antara TNI dan Pemerintah Kota Balikpapan dalam bidang pertanian padi membuahkan hasil. Rabu, (5/8)Pangdam VI/Mulawarman, Wali Kota Balikpapan, dan gabungan kelompok tani (gapoktan) di sekitar Gunung Binjai melakukan panen perdana padi upaya khusus (upsus) di Kelurahan Teritip, Balikpapan Timur.

Arifudin, Ketua gapoktan Gunung Binjai, menyampaikan dirinya dan seluruh anggota gapoktan di kawasan tersebut menyampaikan rasa terima kasih kepada Pangdam dan seluruh anggota TNI AD yang telah membantu petani di Kelurahan Teritip mulai dari pembukaan lahan pertanian hingga pembangunan jalan-jalan baru menuju lahan pertanian mereka.

Kepada Pemerintah Kota Balikpapan, Arifudin pun menyampaikan terima kasih atas pembinaan dan pendampingan dari Dinas Pertanian Kelauatan dan Perikanan Kota Balikpapan untuk pengembangan usaha pertanian mereka serta penyediaan air bersih.

“Alhamdulillah berkat persatuan dan kesatuan kita, Allah memberikan anugerah kepada kita berupa hamparan sawah yang ada dihadapan  kita saat ini yang siap dipanen,” ujar Arifudin.

“Hasil panen kali ini cukup melimpah. Panenan kami kali ini 5,9 ton/hektar. Belum pernah kami mendapat panenan padi sebanyak ini sebelumnya, Bapak,” lanjutnya.

Menanggapi apa yang disampaikan oleh Arifudin , Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi berjanji untuk segera mencari pembeli yang akan membeli hasil panen para petani.

“Bahagia sekali rasanya melihat hasil panen petani disini  yang cukup melimpah. Meskipun wilayah kita tidak begitu luas, tetapi ternyata masih ada lahan pertanian yang hasil panennya cukup banyak. Saya yakin hasil panen yang akan datang bisa lebih besar lagi. Untuk itu saya berjanji untuk mencarikan pembeli untuk hasil panen Bapak-bapak sekalian,” ujar Rizal.

Padi yang berhasil ditanam dan dipanen para petani di wilayah Kelurahan Teritip adalah varietas Ciherang yang memang banyak ditanam oleh para petani Kaltim dan Kaltara. (hms/nov, foto: rfk,yud)