Balikpapan Menuju Kota Layak Anak

Balikpapan, Humaspro – Bersama 50 kabupaten/kota lainnya di Indonesia, Kota Balikpapan memperoleh anugerah menuju Kota Layak Anak Tahun 2015 Kategoi Pratama. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Presiden Joko Widodo pada acara puncak kegiatan Hari Anak Nasional yang berlangsung di Istana Bogor, Selasa (11/8).

Kepala Bagian Humas dan Protokol Setdakot Balikpapan, Sutadi, mengungkapkan penghargaan yang telah dua kali diterima oleh Kota Balikpapan merupakan penghargaan yang diberikan negara kepada daerah yang berhasil melakukan pembangunan pemenuhan kebutuhan standar anak. 

“Untuk dapat meraih gelar Kota Layak Anak sebelumnya ada tingkatan menuju kota layak anak yang terdiri dari empat kategori, yaitu Pratama, Madya, Nindya, Utama, barulah Kota Layak Anak,” ujar Sutadi. “Sebelumnya, pada tahun 2012, Balikpapan pernah meraih penghargaan menuju Kota Layak Anak Kategori Pratama,” imbuhnya.

Untuk mencapai predikat Kota Layak Anak terdapat 30 indikator yang harus dipenuhi oleh pemerintah daerah, diantaranya pencapaian anak memiliki akte kelahiran yang harus 100%, memberikan hak partisipasi kepada anak yang artinya anak diberikan kebebasan berbicara melalui wadah-wadah seperti forum anak, penurunan angka kematian bayi, ibu dan anak, rendahnya kekerasan terhadap anak, serta adanya fasilitas anak seperti psikolog dan pusat konsultasi.

Saat ini Pemerintah Kota Balikpapan terus berusaha untuk mewujudkan Balikpapan menjadi Kota Layak Anak meski tidak dipungkiri bahwa di Balikpapan masih terjadi kasus-kasus kekerasan terhadap anak-anak serta masih adanya anak-anak yang dipekerjakan sebagai pengemis dan pedagang asongan oleh oknum tertentu. Untuk ini pemerintah mengajak seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan di Balikpapan untuk mendukung Balikpapan menjadi Kota Layak Anak. (hms/nov, foto :fit).