GENCAR SOSIALISASIKAN KB DAN HIV/AIDS

Masyarakat Diajak Aktif Cegah Kenakalan Remaja

 

Balikpapan - Bertempat  di Lanal Balikpapan, Rabu (19/8) BPMPPKB (Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana) menggelar sosialisasi tentang program Keluarga Berencana (KB) dan bahaya HIV/AIDS yang dihadiri oleh seluruh anggota Lanal Balikpapan dan anggota Jalasenastri.

Pada kesempatan ini, Komandan Lanal Balikpapan LetkoLaut (P) Arief Budiman dan ketua Jalasenastri Armada Timur Yanti Arief Budiman turut hadir untuk mengikuti dan menyimak seluruh gelaran sosialisasi yang disampaikan oleh tm dari BPMPPKB.

"Kegiatan sosialisasi ini diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT ke-69 Jalasenastri pada tahun ini." kata Yanti Arief Budiman kepada Balikpapan Pos disela sosialisasi kegiatan ini, kemarin.

Acara yang dibuka dengan doa, juga diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne Balikpapan dan Mars KB yang dipimpin oleh Ibu Agung Sudarman.

Adapula pemaparan materi tentang bahaya HIV/AIDS disampaikan langsung oleh Eny Sri W.,S.Sit.M.Kes dan materi program KB disampaikan langsung oleh Syamsuddin BA.

Disela kegiatan sosialisasi ini, Kepala BPMPPKB yang diwakili oleh Pratitis Hermi Cahyani, P.Pd menyampikan bahwa pembangunan masyarakat khususnya pemberdayaan perempuan harus terus berkembang dan dibutuhkan peran serta segenap masrakat, namun apabila pengendalian penduduk ini tidak diimbangi dengan kualitas yang terus membaik maka pembangunan akan sia-sia.

"Untuk itu peran serta TNI/POLRI khususnya TNI AL Lanal Balikpapan sangat dibutuhkan untuk ikut serta membangun masyarakat, khususnya kota Balikpapan menjadi lebih baik lagi," ucap Pratitis.

Diungkapkan pula oleh Pratitis, salah satu bukti konkret dukungan TNI Angkatan Laut Balikpapan dalam membangun Kota Balikpapan yakni di mana salah satu istri anggota Lanal Balikpapan Pelda PM Sungkowo meraih Juara II Nasional pada tahun 2014 lalu, dalam rangka Harganas (Hari Keluarga Nasional) ke-21 yang digelar di Kota Surabaya.

Sementara itu komandan Lanal Balikpapan Letkol Laut (P) Arief Budiman mengharapkan dengan adanya kegiatan seperti ini bisa menambah ilmu dan pengetahuan tentang segala macam penyakit, baik bagi anggota LAnal pada khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk mewujudkan masyarakat Madani dan Kota Balikpapan sebagai Kota Madinatul Iman.

"Kedepannya, kami harapkan peningkatan kerjasama diberbagai sektor khususnya pengendalian laju pertambahan penduduk melalui pelaksanaan manunggal TNI KB-KES semangkin baik, khususnya peran aktif kita semua dalam mencegah pengaruh narkoba dan maraknya kenakalan remaja ditengah masyarakat," pungkas Pria yang juga pernah menjabat sebagai komandan KRI Banda Aceh ini. (fer/cha-Balikpapan Pos)