Pemkot Didesak Bangun Reservoir

Cegah Kebakaran di Pasar dan Pemukiman

BALIKPAPAN – Komisi II DPRD Kota meminta pemerintah kota melakukan langkah pencegahan bahaya kebakaran di pasar-pasar Balikpapan termasuk kawasan padat penduduk, yakni dengan menyediakan reservoir atau bak penampungan air di setiap pasar atau kawasan padat.
Hal ini menaggulangan dini bahaya kebaran yang kerap terjadi di pasar seperti kebakaran Pasar Kebun Sayur, tiga hari lalu.
“Saya kira ini penanggulangan dini juga harus dibangun setiap pasar harus ada. Bangun reservoir dan ada pompa selangnya. Kalau ada kebakaran sambil menunggu itu kan di situ sudah bisa teratasi lebih dulu api ngak sempat besar kan ini lebih baik,” kata Ketua Komisi II Abdul Yajid.
Pembangunan reservoir ini, lanjutnya, sebaiknya dilakukan di kawasan padat penduduk. Anggaran akan didorong pada APBD 2016. “Penanggulangan dini kita usulkan dan Fraksi PDI P sudah usulkan agar pemukiman padat, pasar dibangun itu,” ujarnya.
Sedangkan untuk korban kebakaran Kebun Sayur, pemerintah kota diharapkan segera membangun TPS-TPS. “Kordinator pasar disana bilang akan segera dibangun TPS itu. Kita sudah lihat juga,” tambahnya.
Dewan juga mendesak pemkot segera membangun pasar Kebun Sayur yang terbakar dua kali dalam tahun 2015 ini. Sebab pasar cinderamata ini merupakan ikon kota yang dikenal luas oleh wisatawan.
“Kalau mau dibangun mall silakan tapi tetap mengedepankan unsure kearifan lokal agar masyarakat atau wisataawan ini kalau kedatang ke situ cari cinderamata tidak kesan kalau pasarnya mewah pasti mahal. Tapi pembangunan mengadopsi kearifan local insyaallah pengunjung akan tetap datang dan lebih banyak lagi ,” tandasnya. (din)

Sumber: koran kaltim