Wali Kota Teken MoU Pembangunan Coastal Area

Balikpapan, Humaspro – Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi, Senin (28/9) menandatangani MoU dengan sejumlah pimpinan perusahaan pembangunan coastal area. Perusahaan-perusahaan yang menandatangani MoU dengan Wali Kota Balikpapan di Ruang Rapat Kantor I Walikota adalah PT Pandega Cipta Niaga, PT Helindo dan PT Pico, PT Wulandari Bangun Lestari, dan PT Karunia Wahana Nusa.

Menurut keterangan yang disampaikan Asisten Sekretaris Daerah Kota Balikpapan Bidang Ekbangkesra, Sri Soetantinah, perusahaan-perusahaan tersebut adalah para pemenang lelang investasi dalam pembangunan coastal area.

“PT Pandega Citra Niaga untuk pembangunan segmen III, PT Helindo dan PT Pico untuk segmen IV, PT Wulandari bangun Lestari untuk pembangunan segmen V, dan PT Karunia Wahana Nusa untuk pembangunan segmen VII,” ujar Sri Soetantinah.

Seperti diketahui pembangunan coastal area ini terbagi dalam beberapa segmen yang akan dikerjakan oleh beberapa perusahaan atau investor, namun khusus segmen II dikerjakan oleh Pemerintah Kota Balikpapan. Para investor telah memilih masing-masing segmen yang setiap segmennya telah ditentukan secara tematik oleh Pemerintah Kota Balikpapan.

“Jadi mereka harus mengikuti tema-tema yang telah ditentukan oleh Pemkot Balikpapan untuk setiap segmen. Tidak kemudian semuanya akan membangun mal dalam coastal area ini, tetapi harus sesuai dengan tema segmen,” lanjut Sri Soetantinah.

Setelah penandatangan MoU ini maka tahap berikutnya adalah pengurusan sejumlah izin yang harus diselesaikan oleh perusahaan pemenang lelang investasi, seperti  izin prinsip atau izin lokasi, izin site plan, UKL/UPL segmen yang mengacu pada amdal yang telah disiapkan oleh Pemkot Balikpapan, izin reklamasi, surat izin kerja reklamasi, dan IMB bangunan reklamasi. Sedangkan Pemerintah Kota Balikpapan akan menyelesaikan rekomendasi dari Kementerian Kelautan dan Perikanan yang dikoordinasi oleh tim perizinan di Badan Pengendali.

Sebelum menandatangani MoU dalam kesempatan ini Wali Kota menyampaikan sejumpah pesan untuk para pimpinan perusahaan pemenang lelang investasi pembangunan coastal area ini.

“Saya berharap Bapak dan Ibu sekalian selaku wakil perusahaan untuk segera mengurus dan penyelesaikan perizinan yang memang menjadi pesyaratan dasar pembangunan ini. Saya juga berharap anda tidak segan-segan untuk berkomunikasi dengan tim atau Pemkot apabila terdapat hambatan dalam hal ini sehingga pembangunan bias dimulai sesual jadwal yang telah ditentukan,” pesan Rizal.

“Dalam kesempatan ini saya juga berharapa Bapak dan Ibu sekalian dapat bermitra dengan para pengusaha lokal, seperti pengusaha angkutan lokal, sehingga mereka dapat dilibatkan dalam pembangunan coastal area ini nantinya,”pungkas Rizal. (hms/nov, foto ; Rey)