Dewan Apresiasi Capaian Walikota

Pansus Sampaikan Rekomendasi LKPj Walikota

 

Panitia Khusus Laporan Keterangan Pertanggung-jawaban (LKPj) Akhir Masa jabatan Kepala Daerah 2011-2016 menyam-paikan rekomendasi kepada walikota dan DPRD. Penyampaian rekomendasi dibacakan oleh Sekretaris DPRD, Jum Ali dalam sidang paripurna Kamis siang (8/10).
Tugas berat dipastikan akan diemban Walikota dan Wakil Walikota pada lima tahun mendatang. Rekomendasi Pansus menyampaikan sejumlah hal yang harus dibenahi dan disempurnakan oleh kepala daerah terpilih.
Hal dimaksud yakni, dari urusan lingkungan, kependudukan dan catatan sipil, kesatuan bangsa dan politik dalam negeri, otonomi daerah pemerintah umum, administrasi keuangan daerah, perangkat daerah, kepegawaian, tanah, kelautan dan perikanan, pertanian, perdagangan, pariwisata, penanaman modal, ketahanan pangan, pekerjaan umum, perumahan, penataan ruang, perencanaan pembangunan, perhubungan dan pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, keluarga berencana, pemuda olahraga dan kebudayaan dan arsip.
Pansus juga menyampaikan 11 catatan strategis berupa pembangu-nan Stadion Balikpapan, RSUD Balikpapan, Balikpapan Islamic Center, Terminal Angkutan Barang, Politeknik Balikpapan, Kawasan Industri Kariangau, Terminal antar Kota dan Pasar Teritip, Pasar Induk, Coastal Road, Sirkuit Road Race Balikpapan dan PDAM Balikpapan.
Ketua DPRD Balikpapan, Abdulloh mengatakan rekomendasi ini hasil dari rapat panitia khusus yang dikoordinir Syarifuddin Odang dan ketua Muhammad Jhon Ismail.
“Pansus ini dibentuk 23 September lalu usai penyampaian nota penjelasan walikota atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Akhir Masa Jabatan Walikota, 14 September lalu. Yang selanjutnya dibahas secara mendalam sehingga mengha-silkan beberapa rekomondasi,” jelas Abdulloh, kemarin (8/10).
Namun kata Abduilloh, dari pengamatan yang dikuatkan dengan data dan fakta, visi dan misi walikota dan wakil walikota telah dijalankan dalam 5 tahun ini. Dan hasilnya pun telah dinikmati warga Balikpapan.
“Bahkan berbagai penghargaan dan pencapaian prestasi telah dicapai baik tingkat provinsi, nasional dan international. Dan itu berarti, sinergitas antar legislatif dan eksekutif serta dukungan seluruh komponen masya-rakat sangat terjalin erat pada masa kepemimpinan keduanya,” pujinya.
Sementara Rizal dalam pidatonya, mengaparesiasi dan mengucapkan terima kasih kepada DPRD yang betul-betul telah mencermati apa yang dikerjakan Pemkot Balikpapan selama 5 tahun. “Sekali lagi apresiasi yang setingginya kepada DPRD yang telah merekomondasikan beberapa persoalan yang harus dibenahi ke depan,” katanya.
Rizal mencontohkan masalah kearsipan yang harus dibenahi baik secara fisik di lapangan maupun kearsipan. Karena terkadang ada aset secara administratif bagus, tapi kenyataan di lapangan tidak dijaga.
Soal asset dan pencatatan kata Rizal juga bagian yang tidak lepas dari perhatian dan konsen DPRD yang harus direspon dan dilakukan perbaikan ke depan. Rizal berpen-dapat penyampaian rekomondasi ini merupakan wujud nyata DPRD untuk perbaikan kinerja pembangunan kota pada masa mendatang.
“Rekomondasi yang sifatnya mendesak dan dapat dilaksanakan dalam waktu singkat akan ditindaklanjuti sesegera mungkin. Selanjutnya rekomandasi yang memerlukan waktu dan bersifat jangka panjang akan dituangkan dalam memori serah terima jabatan periode berikutnya,” jelasnya. (din)

 

Sumber: Koran Kaltim