PPID Terbaik se- Jateng Kunjungi PPID Balikpapan

Balikpapan, Humaspro – Humas Sekretariat Daerah Kota Semarang yang berhasil menyabet penghargaan sebagai Pejabat Pengelola Informasi Dokumentasi (PPID) terbaik se- Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2014, melakukan kunjungan ke PPID Kota Balikpapan selaku PPID terbaik se- Provinsi Kalimantan Timur, Selasa (13/10). Rombongan PPID Semarang berjumlah enam orang dipimpin langsung oleh Kepala Bagian Humas Setdakot Semarang Achyani, diterima oleh PPID Kota Balikpapan di ruang rapat Bappeda Kantor Inhutani. Kunjungan PPID Semarang ke PPID Kota Balikpapan bertujuan untuk melakukan studi komparasi mengenai pelaksanaan PPID di Kota Balikpapan. 

Menurut Achyani, selaku Kabag Humas Setdakot Semarang, selain melakukan studi komparasi kunjungan mereka sekaligus sebagai wujud silaturahim dengan PPID Kota Balikpapan. Berbagai hal yang dibahas pada pertemuan tersebut adalah mengenai mekanisme pelayanan PPID. Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi pada PPID Semarang, berada pada masing-masing SKPD. Dengan adanya pola desentralisasi ini, setiap SKPD dituntut untuk berani dan dapat memberikan pelayanan informasi serta dokumentasi yang dibutuhkan oleh masyarakat sesuai dengan klasifikasi yang ada. Karena PPID Kota Semarang sudah terdesentralisasi, maka mereka tidak mengenal adanya PPID pembantu karena semua PPID telah menjalankan fungsinya dengan baik. Sementara pada PPID Kota Balikpapan masih menganut sistem sentralisasi yakni  pelayanan PPID masih dilaksanakan oleh Bagian Humas dan Protokol Setdakot Balikpapan selaku PPID utama dibantu oleh PPID pembantu yang ada di masing-masing SKPD.

Pertemuan tersebut juga membahas mengenai  sengketa informasi yang sering dialami oleh PPID Kota Semarang, tetapi dapat diselesaikan dengan cepat karena adanya desentralisasi PPID sehingga informasi dapat segera dilayani secara langsung oleh PPID di masing-masing SKPD tanpa harus melalui bagian humas.

Usai pertemuan, dilakukan tukar menukar cinderamata antara kedua pihak yakni dari PPID Kota Balikpapan yang diwakili oleh Kasubbag Data Informasi Bagian Organisasi Tata Laksana, Adamin Siregar serta Kabag Humas Setdakot Semarang Achyani. Di harapkan dengan adanya kunjungan PPID Semarang yang melakukan studi komparasi maka, pelaksanaan PPID baik di Kota Balikpapan maupun di  Semarang dapat berjalan dengan baik serta semakin meningkatkan pelayanan informasi kepada publik. (Hms/ Meta, Foto: Udin)