Ekspedisi Kapsul Waktu 2085 Tiba di Balikpapan

Balikpapan, balikpapan.go.id – Rombongan Ekspedisi Kapsul Waktu 2085, Senin (26/10), sekira pukul 19.00 wita tiba di Pelabuhan Ferry Kariangau, Balikpapan Barat. Diiringi komunitas mobil Volkswagen dan puluhan pengendara motor dari beberapa komunitas motor di Balikpapan, rombongan berjalan konvoi menyusuri jalan-jalan di Kota Balikpapan menuju Halaman Kantor Wali Kota Balikpapan.

Pukul 20.30 wita konvoi tiba di Halaman Kantor Wali Kota Balikpapan. Tak kurang dari Wali Kota, Wakil Wali Kota, serta pemangku kepentingan di kota ini menyambut kedatangan rombongan Ekspedisi Kapsul Waktu (EKW) yang akan melakukan perjalanan berkeliling Indonesia.

Dalam laporannya, Koordinator Panitia Daerah Kalimantan Timur EKW 2085, Fajri Alfarobi menyatakan bahwa prosesi penyambutan rombongan EKW yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Balikpapan adalah penyambutan yang paling semarak dan spektakuler selama rombongan melintasi wilayah Kalimantan Timur.

“Kami tidak menyangka penyambutan akan semeriah ini. Ini sungguh-sungguh penyambutan yang semarak selama rombongan melintasi wilayah Kalimantan Timur,” ujar Fajri. “Saya berharap dari titik ini, di Balikpapan, kita akan melihat Indonesia yang lebih maju dan sejahtera,” lanjutnya.

Ekspedisi Kapsul Waktu 2085 adalah sebuah perjalanan yang membawa tabung yang akan diisi dengan harapan dan impian bangsa Indonesia dan akan dibuka kembali 70 tahun mendatang yaitu pada tahun 2085. Ekspedisi ini dilepas oleh Presiden Joko Widodo di titik 0 km di Kota Sabang pada 2 September 2015 dan berjalan menuju titik 0 km di Kota Merauke.  EKW 2085 akan singgah di seluruh provinsi di Indonesia dengan melintasi titik 0 km di Miangas dan 0 km di Pulau Rotte.

“Sebanyak 7 mimpi dan harapan masyarakat Kalimantan Timur akan dimasukkan dalam kapsul waktu ini. Tujuh impian tersebut merupakan ekstrak dari 570 mimpi yang berasal dari masyarakat Kalimantan Timur dari berbagai kalangan dan dirumuskan oleh tim ahli yang terdiri dari 3 orang profesor dan 6 orang bergelar Doktor,” terang Fajri.

Sementara itu  Ketua Panitia Nasional EKW 2085, Affan Aji Rozi, menyatakan bahwa ekspedisi ini merupakan cara Presiden Joko Widodo untuk menyapa seluruh bangsa Indonesia, menangkap aspirasinya, dan menjaring mimpi dan harapan masa depan Indonesia dari seluruh anak bangsa.

“Jangan pesimis dengan melihat waktu yang begitu lama untuk membuka kapsul ini yaitu 70 tahun, tetapi optimislah. Optimis bahwa mimpi dan harapan yang telah kita tanam dalam kapsul waktu ini akan tercapai,” ujar Affan.

Dijadwalkan pagi ini rombongan EKW 2085 akan dilepas Wali Kota Balikpapan untuk melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Kutai Kartanegara.(hms/nov, foto:tim)