Kapsul Waktu Dilepas Walikota Dan Siswa Sekolah

Balikpapan, Humaspro - Kapsul Waktu 2085 yang telah singgah di Kabupaten Penajam Paser Utara dan tiba di Pelabuhan Ferry Kariangau Balikpapan pada Senin (26/10), pukul 19.00 wita akhirnya dilepas Walikota Balikpapan Rizal Effendi pada Selasa (27/10) di halaman Kantor Walikota Balikpapan.

Kapsul waktu 2085 merupakan bagian dari gerakan ayo kerja Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam memperingati HUT ke-70 Kemerdekaan RI. Kapsul waktu tersebut berisi mimpi dan harapan bangsa Indonesia yang ditulis dalam selembar kertas hingga tahun 2085 mendatang. Lembaran kertas itu, dimasukkan dalam sebuah tabung dan pada tahun 2085 nanti akan dibuka.

Pada acara pelepasan, Walikota Rizal Effendi beserta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) melepas rombongan Tim Ekspedisi Kapsul Waktu 2085 untuk kembali melanjutkan perjalanan menuju Samarinda dan Kutai Kertanegara. Pelepasan tersebut dihadiri oleh ratusan siswa siswi dari tingkat SD hingga SMA.

Acara pelepasan kapsul waktu semakin meriah karena Walikota Balikpapan menantang para siswa dan siswi sekolah yang hadir di halaman Kantor Walikota Balikpapan untuk maju ke depan dan mengungkapkan harapan dan impian mereka 70 tahun yang akan datang.

Sebanyak 10 orang yang terdiri dari siswa sekolah SD, SMP, SMA, bahkan dari PNS yang berani tampil ke depan untuk menjelaskan mengenai  kapsul waktu dan apa harapan mereka 70 tahun kedepan akan mendapat hadiah berupa sepatu dan tas sekolah. Bahkan salah seorang siswa dari SMP Negeri 2 yakni Muhammad Syifa mendapatkan hadiah tambahan berupa sebuah telepon genggam dari Kapolres Balikpapan.  “Kita harus mengubah diri kita sendiri mulai dari ahlak, karena saya prihatin masih banyak anak-anak sekolah yang masih ngelem dan merokok. Untuk itu hindari kegiatan negatif ngelem dan merokok karena negara kita adalah negara yang beragama dan berahlak,” ujar Muhammad Syifa lantang saat ditanya Walikota Rizal Effendi mengenai impiannya.  

Sementara itu, Jasmine siswi SD Negeri 03 Kecamatan Balikpapan Kota mengungkapkan bahwa semua warga Balikpapan harus punya kepercaan diri yang hebat dan anak Balikpapan dapat mengharumkan nama Kota Balikpapan maupun Indonesia. “Waahhh impian yang hebat-hebat semuanya,” seru Walikota Balikpapan menanggapi cita-cita siswa dan siswi yang disampaikan pada acara pelepasan kapsul waktu tersebut.

Dalam sambutannya Walikota mengungkapkan bahwa kapsul waktu merupakan semangat, harapan, dan impian bangsa Indonesia. “Sekalipun ini impian 70 tahun, tetapi sebagian akan dicatat dan dilaksanakan sehingga diprioritaskan mana yang bisa dikerjakan lebih dahulu,” ujar Walikota Rizal Effendi. “Kita sebagai warga Kota Balikpapan tentunya berharap agar kota kita menjadi yang terbaik di Indonesia bahkan kalau bisa suatu saat nanti akan ada Presiden dari generasi anak-anak Balikpapan,” ungkap Walikota Rizal Effendi mengakhiri sambutannya.

Di akhir acara kapsul waktu tersebut kemudian diangkat beramai-ramai oleh siswa sekolah menuju mobil yang akan membawanya ke Samarinda dan Kutai Kertanegara. (HMS/meta, Foto: wirfan)