Balikpapan Peringkat I Bidang Penataan Ruang

Jakarta, balikpapan.go.id - Kota Balikpapan kembali meraih prestasi gemilang. Kota Balikpapan berhasil meraih Peringkat I untuk Kategori Kota pada Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah-Pekerjaan Umum (PKPD-PU) Tahun Anggaran 2014 Bidang Penataan Ruang.

Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi, menerima penghargaan tersebut pada acara Puncak Peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional 2015 yang berlangsung pada Minggu (8/11) di Kantor Kementerian Agraria dan Tata Ruang.

Penilaian Kinerja Pemerintah Daerah-Pekerjaan Umum (PKPD-PU) merupakan salah satu wujud kegiatan pembinaan Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah melalui Kementerian Pekerjaan Umum, dengan maksud memberikan penilaian kinerja Pemerintah Derah dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan lingkup pekerjaan umum.

Selain sebagai apresiasi pemerintah pusat kepada daerah yang telah berhasil menunjukkan kinerja yang baik, anugerah PKPD-PU ini sekaligus sebagai bentuk dorongan dan motivasi yang diberikan pusat kepada daerah agar dapat lebih meningkatkan kualitas pelayanan dalam lingkup infrastruktur pekerjaan umum.

Pada Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional 2015 yang bertema Tanah Untuk Ruang Hidup Yang Memakmurkan dan Menenteramkan, untuk kategori kota, Balikpapan menerima penghargaan tersebut bersama 2 kota lainnya, yaitu Kota Pekalongan  sebagai Peringkat II, dan Kota Bitung sebagai Peringkat III. Atas kemenangan ini Kota Balikpapan menerima hadiah berupa 1 (satu) unit Crawler Excavator Model CX210B.(hms).