BPMPPKB Lakukan Penguatan Kapasitas Pengurus Forum Anak

BALIKPAPAN-- Dalam rangka kegiatan penguatan kapasitas pengurus forum anak, kemitraan komunitas anak dan fasilitator dilakasanakan oleh BPMPPKB Kota Balikpapn  di aula rumah jabatan Walikota pada Sabtu,  21 Oktober 2015 mulai pukul 09.00 - 17.00 Wita.

Nara sumber  pada kegiatan ini ada 2 orang, pertama adalah Bapak Dermawan Asisten Deputi Partisipasi Anak Kementerian Pemberdyaan Perempuan & Perlindgn Anak RI dengan topik Regulasi Perlindungan Anak & Peran Partisipasi Anak,  juga pembimbingan simulasi peran forum anak dalam keterlibatan proses musrenbang kelurahan, kecamatan, hingga tingkat kota.

"Dalam kegiatan penguatan ini, mereka dilatih untuk menggali permasalahan ataupun isu permasalahannanak di wilayah domisili mereka masing-masing dan berdiskusi sesama anak juga pembina mereka," ujar Kepala BPMPPKB Kota Balikpapan, Ir Sri Wahyuningsih belum lama ini.

Selain itu, para peserta juga dilatih untuk mencari solusi pemecahan masalah dan menginventarisasi usulan yang akan disampaikn kepada Lurah, Camat, dan Walikota dalam proses musrenbang.

"Karena peran forum anak salah satunya adalah menyuarakan hak anak melalui peran partisipasi anak dan menyuarakan permasalahan anak di wilayahnya  masing-masing dan mengusulkan pemenuhan hak anak untuk masalah-masalah  yang terjadi dan  dialami anak di wilayah domisili mereka," tambah Yuyun.

Sementara itu, narasumber yang kedua adalah Kak Adam Fasilitator Forum Anak Tingkat Provinsi Kaltim, memberikan materi Peran Fasilitator dan Forum Anak dalam Pemanfaatan Waktu Luang Anak

Selain dihadiri oleh komunitas anak ( pengurus Forum Anak Balikpapan, Forum Anak Kecamatan di 6 kecamatan di bpp, Perwakilan pengurus Green Generation Kota Bpp, Perwakilan pengurus Forum Osis Bpp ) juga dihadiri oleh pembina forum anak tingkat kota dan kecamatan yang berjumlah 100 anak. (*han)