205 Kader Posyandu Ikuti Bimtek Manajemen Posyandu Terintegrasi

Sedikitnya 205 kader posyandu yang tersebar di 6 Kecamatan dan 34 Keluarahan se-Kota Balikpapan mengikuti bimbingan teknik  dalam rangka meningkatan manajemen posyandu yang terintegrasi dari sisi kelembagaan dan tata kelola administrasi.

Acara yang diselenggarakan oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPPKB) Kota Balikpapan, pada 24-26 November 2015, terbagi dalam 3 angkatan yakni hari pertama untuk Kecamatan Balikpapan Selatan dan Balikpapan Timur, hari kedua untuk Kecamatan Balikpapan Tengah dan Balikpapan Kota, dan hari ketiga untuk Kecamatan Balikpapan Utara dan Kecamatan Balikpapan Barat. Pada bimtek ini masing kelurahan diwakili oleh 6 orang kader dan 2 orang dari unsur PKK Kecamatan.

Bimtek yang dibuka oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Pemberdayaan Perempuan BPMPPKB Kota Balikpapan,  Santi Sohot, SH., M.Hum., M.Kes. dan didampingi oleh Ka. Sub. Bid. Pengembangan Partisipasi Masyarakat, Drs. Harun, MM diselenggarakan dalam upaya meningkatkan kapasitas kader, serta menambah pengetahuan dan keterampilan para kader dalam tata kelola kelembagaan dan administrasi posyandu yang terintegrasi sebagaiman amanat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 Tahun 2011. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menjalin komunikasi dan  tukar informasi dan berbagi pengalaman antar kader posyandu di wilayah Kota Balikpapan.

Di hari terakhir pelaksanaan bimtek, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPPKB) Kota Balikpapan  Ir. Sri Wahjuningsih, MAP menyerahkan secara simbolis peralatan Posyandu berupa 1 buah alat ukur tinggi badan (Microtoise Stature Meter), 1 buah Baby Scale, dan 1 buah alat penimbang berat  (dacin + kelengkapannya) masing-masing setiap kelurahan. (Snt)