Sidak Kesiapan TPS Jelang Pilkada

Balikpapan, Humaspro - Jelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Balikpapan tahun 2015, Walikota Balikpapan Rizal Effendi beserta Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh, Komandan Lanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Arif Budiman, Asisten I Tata Pemerintahan Syaiful Bachri, Kepala Dinas Penduduk dan Catatan Sipil Chairil Anwar, Kepala Dinas Perhubungan Sudirman Djayaleksana, Kepala Satpol PP Balikpapan Kompol Freddy Pasaribu melakukan sidak ke sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS). Ikut serta dalam rombongan tersebut adalah kepala Pengadilan Negeri Balikpapan, Kabag Ops Polres Balikpapan Eko Alamsyah, Kapolsek Balikpapan Selatan Kompol Nina Ike,  serta Makmur Siregar selaku pemantau Pilkada dari Kementerian Dalam Negeri.

Seperti yang terlihat di TPS 14 Kelurahan Prapatan, Kecamatan Balikpapan Kota,  Walikota Rizal Effendi beserta rombongan melihat langsung beberapa persiapan yang dilakukan pihak PPS tingkat kelurahan. Di TPS 14 tersebut jumlah pemilih sebanyak 330 pemilih, tetapi ada satu nama yang memiliki data ganda sehingga harus dicoret salah satunya.

“Kalau dilihat langsung persiapan di TPS ini baik dan sudah memenuhi syarat, apalagi kita lombakan nih untuk TPS yang memiliki penampilan menarik dan tinggi tingkat partisipasinya” jelas Walikota Balikpapan Rizal Effendi.

Usai memantau TPS 14, rombongan kemudian memantau TPS 11 yang terletak di SDN 09 Kelurahan Marga Sari, Kecamatan Balikpapan Barat. Di TPS 11 terdapat 303 pemilih dan dilaporkan ada 2 nama pemilih yang terindikasi memiliki data ganda sehingga segera ditindaklanjuti.  Ketentuan lain yang ditetapkan saat melakukan pencoblosan adalah pemilih dilarang membawa telepon seluler ke dalam bilik suara dan pemilih harus mencoblos dengan menggunakan paku yang telah disediakan di bilik suara.

Selain TPS 14 dan TPS 11, rombongan juga meninjau TPS 01 yang terletak SDN 002 Kelurahan Karang Rejo. Di TPS tersebut jumlah pemilih yang terdaftar sebanyak 818 pemilih yang merupakan warga dari tiga RT di kelurahan tersebut. TPS terakhir yang dikunjungi rombongan sidak adalah TPS 04 Kelurahan Damai Baru yang terletak di komplek pertokoan Balikpapan Baru. Pada TPS 04 tersebut terdapat 483 pemilih yang terdiri dari dua RT.

Dari hasil pemantauan, sebagian besar persiapan telah dilakukan secara maksimal untuk menyukseskan pilkada. Termasuk persiapan seperti bilik pencoblosan, kotak suara dan kesiapan petugas keamanan (HMS/Met)