150 Kendaraan Dinas Pemkot Dilelang

DPRD Dukung Upaya Pembenahan Aset Daerah

Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) tahun ini akan melelang aset Pemkab berupa 150 unit kendaraan dinas roda dua dan empat.
Kabid Analisa Kebutuhannya Aset BPKAD, Neni Dwi Winahyu mengatakan setiap tahun melakukan pemutihan aset kendaraan baik roda dua maupun empat. Termasuk untu tahun mendatang. “Paling banyak roda dua. Tahun 2016, kita juga lakukan kembali pemutihan aset. Soal jumlahnya saya tidak pegang datanya,” kata Heni kemarin
Untuk pelelangan aset katanya dilakukan penelusuran dan kelengkapan surat kendaraan bermotor seperti BPKB. Penelusuran aset dilakukan secara bertahap. “Kemarin terakhir kita lakukan tahap penilaian aset. Sudah keluar nilai lalu kita umumkan dilelang melalui KPKLN,” tandasnya.
Usai melengkapi persyaratan lanjutnya akan dilakukan pelelangan di Kantor Pelayanan  Kekayaan Negara dan Lelang (KPKN)
Sementara itu, Ketua Komisi II DPRD kota Abdul Yajid mendukung penuh upaya Pemkot melakukan pembenahan, inventarisasi dan pencatatan asset termasuk pembuatan dokumen/sertifikasi asset.
Dia mengatakan meskipun persoalan asset belum sempurna namun upaya itu wajib diapresiasi. Bahkan pemkot meraih WTP sejak dua tahun silam. “Memang belum sempurna karena banyak kendala yang ditemukan. Mereka juga sudah kerjasama BPN untuk sertifikasi asset, termasuk bagi asset bergerak seperti kendaraan/mobil dinas,” katanya.
Pemutihan asset kendaraan dinas dimaksudkan agar beban APBD  dapat berkurang. “karena kalau tidak dihapuskan akan jadi beban APBD seperti BBM dan pemeliharaannya. Apalagi sekarang pemutihan aturan rumit namun harus tetap dilakukan secara bertahap dan tetap optimal,” tukasnya.(din)

 

Sumber: Koran Kaltim