PDAM Yakinkan DPRD, Air Bersih Aman di Tahun 2016 Ini. Beneran Nih?

Berbagai kegiatan akan dilaksanakan oleh PDAM Kota Balikpapan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat kota Balikpapan. Ketua Komisi II DPRD Kota Balikpapan, Abdul Yajid, menyebutkan bahwa dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang digelar beberapa waktu yang lalu, dibahas beberapa terobosan yang akan diambil oleh PDAM pada 2016 untuk memastikan ketersediaan air baku PDAM.

Beberapa terobosan tersebut antara lain, penyelesaian pembangunan Waduk Teritip, pembangunan Embung Haji Raden, penambahan sumur dalam di beberapa titik di kota Balikpapan dan penambahan reservoir pada daerah daerah tinggi.

“Jadi kami tanyakan terobosan-terobosan apa dan apa program untuk tahun 2016 yang akan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat di kota Balikpapan. Menurut informasi dari mereka Insha Allah air bersih di tahun 2016 aman, “ ujarnya pada tribunkaltim.co.

Menurutnya, berbagai kegiatan telah disiapkan oleh PDAM untuk menambah kapasitas air baku. Diantaranya yakni dengan mempersiapkan Waduk Teritip sebagai salah satu alternatif pemenuhan air baku PDAM kota Balikpapan. Hal ini ditandai dengan mulai diisinya Waduk Teritip sejak bulan Agustus 2015 lalu.

Kendati demikian, air waduk Teritip tersebut baru bisa dimanfaatkan setelah dilakukannya pengedapan minimal 1 tahun dan hasil feasibility study Waduk Teritip sebagai air baku telah keluar. Selain itu, rencananya kapasitas air baku PDAM juga akan ditambah dengan air baku dari Embung Haji Raden.

Disampaikannya bahwa saat ini, rencana pembangunan Embung Haji Radeng telah berjalan pada tahap pembebasan lahan. “Kalau itu sudah selesai semua (embung Haji Raden ) juga akan menambah kapasitas kita yang sekarang, kapasitas air PDAM itu 1200 perdetik, kalau sudah ada potensi waduk Teritip dan embung Haji Raden sudah dimanfaatkan bisa ditingkatkan menjadi 1600 per detik, embung Haji Raden masih dalam proses dan sudah ada titik terang, itu bukan hanya pembangunannya, pembebasan lahan Ia pun akan dapat bantuan dari APBN juga, jadi insya Allah akan bisa direalisasikan tahun 2016 ini “ jelasnya.

Sumber: Tribun Kaltim