Masyarakat Harus Terlibat

Balikpapan, balikpapan.go.id – Kewajiban menjaga Kota Balikpapan untuk tetap aman dan kondusif tentu bukanlah menjadi kewajiban aparat keamanan semata. Masyarakat dan seluruh pemangku kepentingan di kota ini pun harus ikut berperan aktif menjaga keamanan dan kewaspadaan.

Hal ini tidak saja karena dalam beberapa hari terakhir media tengah ramai memberitakan isu-isu terkait kondisi keamanan di negeri ini, seperti aksi teror bom di Jakarta, pengamanan terduga teroris di Balikpapan Selatan, maupun isu adanya organisasi masyarakat yang mengajak pengikutnya untuk melakukan penyimpangan ajaran agama. Kapanpun kewaspadaan dan semangat untuk menjaga kondusitivas dan keamanan harus terus terjaga.

Banyak hal yang dapat dilakukan masyarakat untuk ikut serta menjaga kewaspadaan dan keamanan di lingkungannya. “Siskamling di lingkungan RT perlu kita galakkan lagi,” ujar Sekretaris Daerah Kota Balikpapan, Sayid MN Fadli, pada acara coffee morning, Senin (18/1) lalu. “Dan pada para Lurah agar selalu memantau pelaksanaan siskamling di RT-RT di wilayahnya,” tambahnya.

Senada dengan apa yang disampaikan Sekda, pada kesempatan yang sama Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi meminta Lurah untuk selalu mengingatkan warga agar mematuhi peraturan kependudukan.

“Pak Lurah juga harus mengingatkan kembali para RT dan warganya tentang peraturan kependudukan, segera melaporkan apabila ada penduduk yang datang, pindah maupun meninggal. Ya, dulu kan ada aturan tamu 1x24 jam lapor RT, jadi setidaknya RT tahu lah siapa-siapa saja yang ada di lingkungannya,” terang  Walikota.

“Masyarakat juga harus dilibatkan dalam hal ini (menjaga keamanan dan kewaspadaan-Red), terutama yang tinggal di daerah-daerah yang cukup jauh. Masyarakat kita minta segera melapor apabila melihat ada hal-hal atau aktivitas yang mencurigakan yang terjadi di sekitar mereka,” pungkas Walikota. (hms/nov)