Mendatang, Siswa SD Akan Terima Rapor Kesehatan

Balikpapan, Humaspro -  Selain Rapor Akademis murid-murid SD di Balikpapan kedepannya akan menerima Buku Rapor Kesehatan. Dan untuk saat ini pemberian Buku Rapor Kesehatan bagi murid-murid di 6 Sekolah Dasar percontohan penerapan di setiap kecamatan. Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikapan, Dr. Balerina pada acara Refreshing Kader Jumantik Sekolah, Jumat (28/1) lalu.

Dihadapan ratusan siswa yang hadir pada acara yang digelar di Aula Kantor Walikota Balikpapan Dr. Balerina menjelaskan bahwa Buku Rapor Kesehatan ini merupakan program baru dari Kementerian Kesehatan.

“Setiap anak akan mendapat sepasang buku, yaitu Buku Informasi Kesehatan yang berisi petunjuk-petunjuk cara memelihara kesehatan anak SD, dan yang kedua adalah Buku Catatan Perkembangan Anak yang berisi format-format pemantauan tumbuh kembang anak SD yang diisi oleh Pengelola UKS masing-masing sekolah setiap bulan dan dibina oleh Puskesmas wilayah kerja masing-masing,” terang Balerina. “Buku Rapor Kesehatan ini akan diberikan kepada orang tua murid bersama-sama dengan Rapor Akademis,” lanjut Balerina.

Menurut Balerina, Kota Balikpapan merupakan salah satu kota pertama yang menerapkan program Kemenkes dengan bersumber dari dana APBD, jadi dapat dikatakan sebagai inovasi Pemerintah Kota Balikpapan.

Disamping itu kegiatan pemberian Buku Rapor Kesehatan sekaligus merupakan implementasi Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2015 tentang Kesehatan Ibu, Bayi Baru Lahir dan Anak (Perda KIBBLA) yang baru disyahkan oleh DPRD Kota Balikpapan Desember 2015 lalu. (hms/nov, foto : rfk)