Sidang Paripurna HUT Balikpapan Tanpa Ketua DPRD

Ada yang berbeda dengan pelaksanaan Paripurna Istimewa DPRD mengenai Hari Jadi ke 119 tahun kota Balikpapan ini. Paripurna tidak dipimpin Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh dan wakilnya serta banyak kursi yang kosong.
Dari daftar hadir yang diumumkan hanya 28 anggota DPRD yang hadir, terutama dari komisi III DPRD Kota Balikpapan. Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Sabaruddin Panrecalle didamping wakil ketua Syarifuddin Odang.
“ Mohon maaf pimpinan tidak bisa hadir karena melaksanakan ibadah umroh,” ucap Sabaruddin saat memimpin sidang istimewa yang digelar di aula pemkot pada Selasa kemarin (9/2/2016).
Selain Abdulloh, wakil ketua DPRD Thohari Aziz juga tidak hadir karena sedang umroh. “Ada yang umroh, sedang di luar daerah dan ada juga yang kembali ke Balikapan tertinggal pesawat,” tutur Sekwan Jum Ali kepada media kemarin.
Meskidemikian kata Jum Ali rapat tetap memenuhi kuorum karena dihadiri lebih dari 50 persen plus 1. “Kalau pengambilan keputusan 2/3 harus hadir. Kita tetap laksanakan kegiatan dengan baik,” tambahnya.
Setelah dibuka, Paripurna mendengarkan pidato Walikota Balikpapan Rizal Effendi SE yang memaparkan capaian hasil dan program ke depan.
Diantara para undangan hadir  para tokoh-tokoh masyarakat juga tampak mantan Walikota H Tjutjup Suparna. Selain itu, hadir pula salah satu calon wakil walikota Balikpapan yang baru yakni Rahmad Masud. Seluruh kepala SKPD, pimpinan perusahaan  di Balikpapan dan undangan lainya.
Dalam awal pidatonya Rizal Effendi membeberkan permasalahan tentang keterbatasan air minum bagi warga kota yang saat ini 80 persen masih bergantung pada Waduk Manggar. Untuk itu, pemerintah kota sedang melakukan percepatan pembangunan dan pembebasan lahan untuk Waduk Teritip. Progres pembangunan waduk di wilayah Balikpapan Timur ini telah mencapai 60 persen, dan nantinya bisa mengalirkan air sebanyak 260 liter per detik.
“Sesuai target rencana penggenangan Waduk Teritip dilakukan tahun 2016 ini. Selain itu juga akan dilakukan pembangunan Waduk Sungai Wain dengan kapasitas 130 liter per detik,” kata Walikota.
Dia menambahkan untuk mengatasi keterbatasan air baku, kini juga tengah dilakukan studi kelayakan untuk mengambil air laut sebagai bahan baku yang dilakukan pihak swasta.
Rapat Paripurna Istimewa DPRD Balikpapan ini merupakan awal dari rangkaian HUT Balikpapan yang Ke-119. Besok, tepat hari Rabu tanggal 10 Februari yang merupakan hari jadi Kota Balikpapan akan diperingati dengan upacara bendera di Lapangan Merdeka Balikpapan. (din)


Sumber: Koran kaltim