BALIKPAPAN-  Sebanyak 15 RT di Kelurahan Graha Indah, Balikpapan Utara mengikuti lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) dan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat Kota mewakili Kecamatan Balikpapan Utara.

     Penilaian lomba LBS dan PHBS sendiri digelar Kamis (18/2) siang, tim penilai dari POKJA IV tim penggerak PKK Kota Balikpapan turun langsung ke lapangan mengecek lingkungan dan hidup bersih warga di 15 RT tersebut.

     Menurut Ketua Pokja IV Tim Penggerak PKK Kota Balikpapan Sri Muryati Subandi mengatakan program lombs LBS dan PHBS ini digelar setiap tahunnya. "Lomba ini digelar secara berjenjang dan setiap Kecamatan ada perwakilan RT - RT yang mengikuti lomba LBS  dan PHBS ini," terang muryati yang didampingi Kasi Promkes Informasi dan Pemberdayaan Masyarakat DKK Balikpapan Nurlaila disela-sela melakukan penilaian bersama timnya.

     Di dalam tim penilai ini juga ikut serta Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan yang melakukan penilaian secara teknis. Penilaiannya sendiri meliputi lingkungan rumah, lingkungan keluarga, lingkungan hidup, kaderv-vkader serta penyuluhan yang sudah dilakukan kepada masyarakat.

     Dari hasil penilaian yang dilakukan tim Pokja IV di Graha Indah dikatakan cukup baik untuk skala perumahan. Karena di kawasan perumahan ini masih bisa menumbuhkan kerjasama antar sesama warga. Diketahui di sebagian perumahan  terkadang kerjasama antar warga kurang terjalin dan prilaku hidupnya hanya inividual saja.

     "Kami salut bisa mewujudkan lingkungan hijau, ini menjadi nilai tambah. Untuk PHBS sendiri intinya harus bisa merubah prilaku warga seperti merokok, tidak boleh merokok didalam rumah, agar penyakit yang disebabkan asap rokok tidak terkena kepada keluarga yang ada didalam rumah," pungkasnya.

     Lurah Graha Inah Nunung Nurjaya yang mendampingi tim penilaian berkeliling di RT yang diikutkan dalam lomba LBS dan PHBS ini mengatakan tujuan lomna phbs ini merupakan program lintas sektor dalam rangka meningkatkan cakupan rumah tangga yang melakukan PHBS, untuk menuju Kelurahan Sehat, Kecamatan Sehat hingga Kota Sehat.

     "Harapan kami tidak semata ikut lomba ini ingin menjadi juara, lebih dari itu Kelurahan Graha Indah ini bisa melaksanakan dan berprilaku hidup bersih dan sehat, dengan ikutnya Graha Indah nantinya bisa menjadi juara di tingkat Kota hingga tingkat Nasional. Dan ini juga dapat memotivasi RT lain untuk memulai LBS dan PHBS," timpal Nunung. (pri/ san)

 

 

Sumber : Balikpapan Post