Safari KB Religi Program KB Unggulan Kota Balikpapan

Talkshow Kabid KB di Radio Gemaya 104,5 FM

Inovasi sangat diperlukan dalam penyuluhan dan pelayanan KB, sehingga setiap hambatan dan tantangan dapat dengan mudah diatasi. Adanya masyarakat yang masih sulit menerima pelaksanaan Program KB masih terdapat pada komunitas masyarakat tertentu. Masyarakat yang kurang menerima pelaksanaan program KB karena faktor Faktor budaya dan faktor keyakinan ini memang tidak terlalu besar dari segi jumlah akan tetapi jika tidak dicarikan inovasi akan menjadi persoalan yang dapat mempengaruhi masyarakat lainnya yang sudah menerima budaya Norma Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera (NKKBS).

                Salah satu terobosan yang dilakukan oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPPKB) Kota Balikpapan yaitu kegiatan Safari KB Religi khusus untuk memberikan penyuluhan bagi masyarakat yang sulit menerima program KB karena faktor Budaya dan faktor Agama. Hal ini diungkapkan oleh Mohammad Kosyim, SH, MH Kepala Bidang Keluarga Berencana BPMPPKB Kota Balikpapan pada acara Talkshow pada Radio Gemaya 104,5 FM Balikpapan (23/02/2016).

                “Kami mempunyai mitra dengan Forum Antar Umat Beragama Peduli Kependudukan (Fapsedu) yang kami akan terjun ke wilayah tertentu melakukan penyuluhan dan dialog kepada masyarakat yang dianggap masih belum mau menerima program KB”, kata Kosyim menjawab pertanyaan presenter Radio Gemaya 104,5 FM Balikpapan Saulina.

                Menurut Kosyim kegiatan yang dilakukan oleh Fapsedu bersama jajaran Kementrian Agama Kota Balikpapan ini merupakan kegiatan unggulan dan  telah tertuang dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran BPMPPKB Kota Balikpapan 2016. Di samping itu juga telah dilaksanakan program kegiatan berupa pesan-pesan informasi tentang pentingnya program KB bagi setiap keluarga pada materi Khotbah Jum’at yang dilakukan oleh ketua Fapsedu dan Kepala seksi Bimbingan Masyarakat Kementrian Agama Kota Balikpapan.

                Materi Talkshow dengan Radio  kali ini mengambil topik bahasan tentang Penyuluhan dan Pelayanan KB di Kota Balikpapan. Telah dikupas tentang kondisi pelaksanaan KB selama ini di Kota Balikpapan, perencanaan program penyuluhan dan pelayanan KB yang didalamnya terdapat inovasi-inovasi kegiatan dalam upaya mensukseskan program Keluarga Berencana. Acara Talkshow di Radio merupakan hasil kerjasama BPMPPKB Kota Balikpapan dengan Radio Gemaya 104,5 FM yang dilaksanakan dalam kurun waktu setahun.

                Pada Acara Talkshow ini Kabid Keluarga Berencana dibantu oleh beberapa orang staf BPMPPKB Kota Balikpapan dalam menyiapkan materi maupun pelaksanaan kegiatannya. Diantara staf Bidang KB yang membantu adalah Nurhayani peserta Diklat Prajabatan sebagai persyaratan untuk menjadi seorang Aparatur Sipil Negara.