Rasionalisasi Anggaran Berdampak Pada Pembiayaan yang Tertunda

ertundanya pencairan Dana Bagi Hasil (DBH) dari kemenetrian Keuangan ke pemerintah kota Balikpapan membuat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah melakukan rapat rasionalisasi anggaran di Tahun 2016.
Wakil Ketua DPRD Tohari Aziz mengatakan rapat rasionalisasi dilakukan setelah surat keterlambatan pencairan dana dari kementerian keuangan telah diterima.
Dalam rapat dibahas mengenai draf yang telah diajukan pemerintah kota Balikpapan sebagai eksekutif sebelumnya yang nantinya akan disesuaikan dengan kondisi anggaran saat ini.
"Semua kena SKPD, kita di dewan juga merasakan rasionalisasi, kegiatan yang dirasa dapat ditunda kita tunda, seperti perjalanan dinas, Bimtek dan biaya konsumsi seperti makanan dan minuman kita minimalisir," katanya.
Untuk kalangan SKPD juga dibahas oleh para wakil rakyat dalam rasionalisasi ini dengan nilai yang berbeda-beda sesuai program yang akan dilaksanakan.
"Tadi untuk Dinas PU, Dishub dan Dinas Pendidikan sudah dibahas rasionalisasi sekitar 15 persen dimana nilainya sekitar Rp 300 Milliar," ujarnya. (*)


Sumber: Tribun Kaltim