Jangan Lupa, Tanggal 8-15 Maret 2016

Balikpapan, balikpapan.go.id – Gratis dan serentak di seluruh Indonesia, Pemerintah (Kementerian Kesehatan RI – Red)  menggelar Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Tahun 2016 pada tanggal 8-15 Maret 2016.

PIN Polio adalah pemberian imunisasi tambahan polio kepada balita tanpa memandang status imunisasi polio sebelumnya. Tujuannya adalah untuk mengurangi resiko penularan virus polio yang datang dari negara lain, memastikan tingkat kekebalan masyarakat terhadap penyakit polio yang cukup tinggi, dan memberikan perlindungan secara optimal dan merata pada balita terhadap kemungkinan munculnya kasus polio.

Penyakit polio merupakan penyakit pada susunan saraf pusat yang disebabkan oleh virus Polio.  Penyebaran penyakit ini melalui kotoran manusia (tinja) yang terkontaminasi. Polio dapat menyerang anak di bawah umur 15 tahun dengan gejala demam, nyeri otot dan kelumpuhan pada minggu pertama sakit. Akibatnya, penderita akan mengalami lumpuh layu akut bahkan dapat terjadi kematian karena kelumpuhan otot pernafasan yang tidak segera ditangani.

Meskipun kasus polio sudah lama tidak ditemukan di Indonesia, namum berdasarkan hasil analisa para ahli, Indonesia dikategorikan beresiko tinggi untuk terjadi penularan virus Polio dari negara lain. Analisa para hali tersebut didasarkan pada data yang menunjukkan cakupan imunisasi polio dosis ke empat nasional telah melebihi 90% namun tidak merata di seluruh provinsi dan kebupaten/kota. Dengan kondisi demikian, para ahli merekomendasikan agar dilaksanakan PIN Polio dengan sasaran balita (anak usia 0 – 59 bulan) untuk memberikan perlindungan yang optimal bagi seluruh anak terhadap virus Polio.

Berkaitan dengan pelaksanaan PIN di Kota Balikpapan, Dinas Kesehatan Kota Balikpapan telah menyiapkan pos-pos PIN yang tersebar di seluruh wilayah Kota Balikpapan.

“Untuk Posyandu dan Puskesmas, Pos PIN yang kita siapkan berjumlah 1.238 pos PIN, 25 pos PIN di tempat-tempat umum seperti bandara, pelabuhan, terminal, pasar dan mall serta 19 di RS dan bidan praktek swasta,” terang Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Dr. Balerina.

Pemberian imunisasi polio pada PIN Polio Tahun 2016 di Kota Balikpapan tidak hanya dikhususkan untuk anak balita penduduk Balikpapan tetapi juga termasuk untuk balita pendatang dari wilayah lain. Jagalah buah hati anda dari ancaman polio, sukseskan Pekan Imunisasi Nasional Polio Tahun 2016. (hms/nov)