Ayo Jadi Konsumen Cerdas

Balikpapan, Balikpapan.go.id - Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan wawasan konsumen di Kota Balikpapan, Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Balikpapan mengadakan sosialisasi dengan tema konsumen cerdas, mandiri dan cinta produk Indonesia. Sosialisasi tersebut bertujuan agar  masyarakat lebih cerdas dan mandiri serta memiliki kecintaan terhadap produk Indonesia. 

Sosialisasi  diadakan pada Selasa (1/3) di Aula Disperindagkop Kota Balikpapan. peserta sosialisasi terdiri dari 60 orang yang merupakan pelajar dari tingkat SMP, SMA, dan SMK se- Kota Balikpapan.  Acara dibuka oleh Kepala Disperindagkop Dortje Marpaung.

"Kegiatan sosialisasi ini merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan guna meningkatkan kesadaran, kemampuan, dan kemandirian konsumen," jelas Dortje Marpaung dalam sambutannya. lebih lanjut Ia berharap dengan adanya sosialisasi tersebut dapat menumbuhkan kesadaran pelaku usaha mengenai pentingnya perlindungan konsumen sehingga tumbuh sikap yang jujur dan bertanggung jawab dalam berwirausaha.

Melalui sosialisasi ini, pemahaman konsumen tentang hak dan kewajiban konsumen untuk menjadi konsumen cerdas dapat ditingkatkan dengan berbagai cara yakni menegakkan hak dan kewajiban  sebagai konsumen, teliti sebelum membeli, pastikan produk sesuai dengan standar mutu K3L (Kesehatan Keselamatan Kerja dan lingkungan), perhatikan label,  mutu kartu garansi dan masa kadaluarsa serta bijaksana dalam membeli sesuai kebutuhan.