Penyerapan Anggaran Terbaik, 9 SKPD Raih Hadiah

Balikpapan, Humaspro – Sebanyak sembilan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan mendapatkan penghargaan sebagai SKPD terbaik dalam penyerapan anggaran Tahun Anggaran 2015. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi saat rapat rutin coffee morning Senin (28/3) kepada masing-masing kepala SKPD di Aula Pemkot Balikpapan.

Penghargaan tersebut terdiri dari tiga klasifikasi yakni klasifikasi tinggi untuk SKPD dengan anggaran di atas Rp20 miliar, klasifikasi sedang untuk anggaran Rp2,5 miliar sampai dengan Rp20 miliar, dan klasifikasi rendah untuk anggaran di bawah Rp2,5 miliar.

Menurut Sekretaris Daerah Kota Balikpapan Sayid MN Fadli, kriteria penilaian dalam penyerahan penghargaan tersebut meliputi empat kriteria yakni berdasar pada waktu penyampaian laporan monitoring tiap bulan dengan bobot penilaian 30%, pencapaian fisik dari realisasi fisik dengan bobot 50%, penghematan anggaran dinilai dari penundaan dan usulan efisiensi dengan bobot 10%, dan minimnya  pergeseran anggaran dengan bobot 10%.

“Kalau terlalu banyak menggeser anggaran atau perubahan nomenklatur berarti perencanaan dianggap tidak matang, bahkan hingga bulan Februari dan Maret sudah banyak yang menggeser anggaran atau mengubah nomenklatur,” jelas Sekda Sayid Fadli.

Tim penilai untuk penghargaan penyerapan anggaran tersebut terdiri dari Inspektorat, Bagian Pembangunan, Bappeda, dan BPKAD. Bagi SKPD yang meraih penghargaan tersebut selain mendapatkan piagam, juga meraih satu unit komputer dan satu unit printer. (Hms/Met, Foto: Rey)

 

Berikut daftar SKPD peraih penghargaan untuk penyerapan anggaran terbaik Tahun Anggaran 2015:

SKPD Klasifikasi Tinggi (anggaran di atas Rp.20 miliar)

No

Penghargaan

Nama SKPD

1.

Terbaik I

Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar)

2.

Terbaik II

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)

3.

Terbaik III

Dinas Pertanian Kelautan Perikanan (DPKP)

 

SKPD Klasifikasi Sedang (anggaran Rp2,5 miliar s.d Rp20 miliar)

No

Penghargaan

Nama SKPD

1.

Terbaik I

Kecamatan Balikpapan Selatan

2.

Terbaik II

Kecamatan Balikpapan Tengah

3.

Terbaik III

Kecamatan Balikpapan Kota

 

SKPD Klasifikasi Rendah (anggaran di bawah Rp2,5 miliar)

No

Penghargaan

Nama SKPD

1.

Terbaik I

Kelurahan Damai Baru

2.

Terbaik II

Kelurahan Batu Ampar

3.

Terbaik III

Kelurahan Kariangau