500 Peserta Pemagangan Siap Ditampung Perusahaan

Balikpapan, balikpapan.go.id - Sebanyak 50 perusahaan di Balikpapan turut serta dalam pembukaan sosialisasi pemagangan Dalam Negeri tahun 2016 yang berlangsung di Aula Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil pada Rabu (23/3).

Beberapa perusahaan besar yang ambil bagian dalam kegiatan tersebut antara lain PT. Pertamina Persero, PT. Samekarindo, PT. Duta Katup Mas, PT. Cakra Perkasa Enginering, Probesco, Novotel, Ibis Hotel, dan lainnya.

Sosialisasi pemagangan dalam negeri tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) Kota Balikpapan, yang di wakili oleh Sekretaris Disnakersos Asfiansyah SE. Pada kesempatan tersebut turut hadir Bina Pemagangan Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) yang diwakili oleh Plt, Kasubdit Perizinan dan Advokasi Ade Syaekudin.SH, Kepala Balai Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Balai Latihan Kerja Industri (BLKI)  Balikpapan, Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Balikpapan, dan ketua Forum Komunikasi Jejaring Pemagangan (FKJP) Balikpapan. 


Dalam sambutannya Asfiansyah mengatakan,  dalam ketenagakerjaan permasalahan yang paling banyak muncul adalah masalah pengangguran, atau pencari kerja yang terus meningkat.  “Sementara di sisi lain kebutuhan di pasar kerja menuntut tenaga kerja terampil, disiplin dan produktif, maka salah satu cara yang paling efisien dan efektif dengan diadakannya program pemagangan dalam negeri,” jelas Asfiansyah. Menurutnya program ini adalah bagian dari sistem pelatihan kerja yang di selenggarakan secara terpadu, antara pelatihan di lembaga pelatihan dengan bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja yang lebih berpengalaman. 

Asfiansyah juga menjelaskan berbagai keuntungan dapat diraih dari program ini karena perusahaan dapat mengetahui kualitas tenaga kerja sebelum direkrut sebagai karyawan, selain itu perusahaan turut berpartisipasi menciptakan tenaga kerja pengalaman dan kompeten. “Peserta pemagangan dalam program ini merupakan tenaga kerja produktif, dan lebih mudah diarahkan sesuai kebijaksanaan dan disiplin,” tegas Asfianyah.

Selain itu menurut Asfiansyah, keuntungan lain yang diperoleh oleh peserta pemagangan selain tidak dipungut biaya, juga akan memiliki pengalaman kerja dan sertifikasi, serta kepercayaan diri guna mendorong keahlian kompetensi. 


Selain itu Asfiansyah juga mengumumkan bahwa Disnakersos Kota Balikpapan akan mengadakan Pameran Bursa Kerja atau Apprentice Market Fair (AMF) yang merupakan program rutin setiap tahun pada 13 – 14 April 2016 di Balikpapan Sport and Convention Center (Dome) dan tidak dipungut biaya. (Sumber : Disnakersos Kota Balikpapan)