Sidak UNBK Sesuai Harapan

GUNA memastikan persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) berjalan baik, Komisi IV DPRD Balikpapan menyambangi beberapa sekolah kemarin (30/3). Temuannya pun positif. SMA 5 dan SMA 4 Balikpapan siap menjalani UNBK, 4 April mendatang.

Dipimpin Ketua Komisi IV Ida Ayu Prahastuty, terlihat tiga ruangan berisi 35 komputer. Sebanyak 321 siswa SMA 5 bakal dibagi dalam tiga ruangan dengan sif berbeda.

Komputer yang disediakan beragam. Dari bantuan Pemprov Kaltim maupun sewaan. Serta dilengkapi dua komputer cadangan di tiap kelas.

Saat pelaksanaan ujian, siswa akan dijaga tiga petugas. Terdiri dari operator, pengawas, dan teknisi. “Kami siapkan 105 komputer,” ujar Kepala Bidang Pendidikan Menengah Disdik Balikpapan Ganung Pratikno.

Sebelum ujian simulasi dilakukan. Setidaknya tiga kali dalam sebulan. Ia menjamin jaringan koneksi internet bakal lancar. Sebab, pihak Telkom sudah mengunjungi tiap sekolah untuk menaikkan bandwidth internet, Selasa (30/3) lalu.

“Saat ini belum diberi kuota total. Nanti pada pelaksanaan ujian baru diberi kuota penuh,” katanya.

SMA 4 juga demikian. Dengan jumlah 363 siswa, sekolah menyediakan laptop sebanyak 121 buah. Tak lupa cadangan komputer sebanyak 13 buah yang diletakkan di ruang sekretariat.

Kumpulan laptop itu dari pembelian belanja modal 2016, pinjaman orangtua, serta menyewa. “Untuk antisipasi kami juga siapkan genset 50 ribu watt,” ujar Heru Marsono, kepala SMA 4.

Ida Prahastuty mengatakan, dengan melihat persiapan yang ada, ujian dipastikan berjalan baik. Menciptakan suasana nyaman ketika ujian, ia minta lakukan ke tiap sekolah. Dengan memberi penyejuk udara agar suasana tidak panas.

“Kami berterima kasih pada peran serta orangtua membantu lancarnya UNBK untuk membentuk Balikpapan menjadi Smart City,” ujarnya.

Ia berharap tahun depan sekolah yang mengikuti UNBK bertambah. DPRD telah mengantongi sekolah yang kurang peralatan untuk UNBK. “Bila tahun depan anggaran kembali normal, semoga yang sudah diinventarisasi bisa direalisasikan,” katanya. (*/ane/fir/k18)

 

Sumber: kaltim Post