Dinas Perdagangan Kabupaten Magelang Belajar Mekanisme Metrologi Ke Balikpapan

Balikpapan, balikpapan.go.id - Dinas Perdagangan dan Pasar Kabupaten Magelang melakukan kunjungan kerja ke Unit Pelaksana Teknis (UPT) Metrologi Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Balikpapan, Kamis (12/5).  

Rombongan yang dipimpin Kepala Dinas Perdagangan dan Pasar Kabupaten Magelang diterima oleh Kepala Bidang Perdagangan Disperindagkop Balikpapan Said Achsin dan Kepala UPT Metrologi Balikpapan  Jajuli.

Kedatangan rombongan Dinas Perdagangan Kabupaten Magelang dalam rangka melakukan studi komparasi bidang perdagangan terkait dengan proses pembentukan UPT Metrologi di daerahnya. “Selain itu kedatangan mereka juga sebagai sarana tukar menukar informasi terkait pantauan harga barang, serta berbagai informasi terkait dengan pasara modern dan tradisional,” jelas Jajuli.

Pada pertemuan tersebut, Jajuli juga menjelaskan mekanisme pembentukan UPT Metrologi  Kota Balikpapan. “Kita jelaskan mengenai UPT Metrologi  mulai dari operasional, seta tahapan dan kelengkapan dokumen yang harus dipenuhi,” terangnya.

Selain menjelaskan tentang pasar tradisional dan modern yang berada di Balikpapan, Kepala UPT Metrologi Balikpapan tersebut juga membahas mengenai pasar tertib ukur, standardisasi kalibrasi peralatan Ukur Takar Timbang dan Perlengkapannya (UTTP) pertahun beserta retribusi biaya yang sesuai dengan standar yang berlaku

(Sumber : Disperindagkop, editor : Hms/met)