Gubernur Resmi Melantik Rizal-Rahmad

Balikpapan, Humaspro – Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak secara resmi melantik Wali Kota Balikpapan H.M. Rizal Effendi, SE dan Wakil Wali Kota H. Rahmad Mas’ud untuk masa jabatan 2016-2021 di Pendopo, Lamin Etam, Samarinda, Senin (30/5). Pelantikan tersebut dihadiri oleh forum koordinasi pimpinan Daerah (FKPD) Pemerintah Provinsi Kaltim, Wali Kota/Bupati se-Kaltim, unsur Muspida Kota Balikpapan, serta jajaran pejabat Pemerintah Kota Balikpapan hingga ke tingkat lurah.

Diawali dengan pembacaan SK Kementrian Dalam Negeri tentang penetapan dan pemberhentian Wali Kota  dan wakil Wali Kota Balikpapan periode 2011-2016, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan SK mengenai penetapan dan pengangkatan Wali Kota Balikpapan terpilih Rizal Effendi dan Wakil Wali Kota Rahmad Mas’ud. Setelah itu secara resmi dilakukan pengambilan sumpah dan janji jabatan oleh Gubernur sekaligus penyematan tanpa jabatan kepada pasangan terpilih.

Setelah menyematkan tanda jabatan, Gubernur dalam sambutannya mengucapkan selamat atas terpilihnya pasangan Rizal Effendi dan Rahmad Mas’ud sebagai Wali Kota Balikpapan periode 2016-2021. Gubernur mengatakan bahwa pasangan tersebut merupakan pasangan yang dipilih oleh masyarakat untuk mengemban tugas yang berat, yaitu mempertahankan prestasi yang selama ini telah diraih Kota Balikpapan. “Secara Pribadi menurut saya pasangan Rizal-Rahmad merupakan pasangan yang dipilih oleh masyarakat Balikpapan yang mengetahui kapasitas pasangan tersebut. Pak Rizal Effendi tidak diragukan lagi dalam memimpin Balikpapan, periode yang lalu beliau bersama Wakilnya Heru Bambang telah membuktikan melalui penghargaan yang sering diterima kota Balikpapan. Saat ini dengan pasangan yang baru saya yakin beliau dapat mempertahankan bahkan meningkatkan prestasi Kota Balikpapan,” papar Gubernur.

Seusai pelantikan Wali Kota Rizal Effendi dalam wawancara dengan media meminta doa restu kepada seluruh masyarakat Balikpapan untuk dapat mengemban tugas yang telah diamanahkan. Wali Kota mengatakan masih banyak permasalahan yang harus dibenahi terutama ketersediaan air bersih dan listrik. “Ini merupakan amanah dari masyarakat yang diberikan kepada saya untuk dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang masih menjadi pekerjaan rumah bagi kita, krisis air dan listri menjadi tugas pokok saya beserta pak Rahmad untuk dapat membenahi. Saya minta doa restunya kepada seluruh masyarakat Balikpapan agar dapat menyelesaikan permasalahan tersebut segera mungkin,” ujar Rizal.

Ditempat yang sama Wakil Wali Kota Rahmad Mas’ud mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Balikpapan yang telah memberikan amanah kepadanya untuk mendampingi Wali Kota Rizal Effendi. Rahmad Mas’ud mengatakan bahwa kedepannya melalui visi/misi yang telah dicanangkan dengan Wali Kota Rizal Effendi beliau akan berupaya menjalankan tugas untuk menjadikan kota Balikpapan menjadi kota yang benar-benar memiliki julukan layak huni. “Saya akan membantu Wali Kota dalam menuntaskan permasalahan yang belum tuntas. Latar belakang saya sebagai pengusaha, saya mempunyai mitra, rekanan dan network tentunya yang bisa memberikan kuntribusi untuk kemajuan kota Balikpapan”, ujar Rahmad.

Rahmad menambahkan dalam masa 100 hari kerja ke depan beliau akan membenahi beberapa sektor terutama sistem pelayanan izin. “Sejauh ini mungkin sudah baik, akan kami tingkatkan lagi. Keinginan kami bersama bagaimana investor dapat berinvestasi di Balikpapan dengan aman tanpa terbelit masalah perizinan,  hal tersebut menjadi prioritas kami untuk meningkatkan ekonomi Kota Balikpapan”, tambahnya. (hms/ecs)