Menteri ESDM Resmikan SPBG Di Balikpapan

Balikpapan, Humaspro – Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) pertama di Kota Balikpapan telah diresmikan oleh Menteri Energi Sumber Daya Mineral Sudirman Said. SPBG yang bertempat di Jalan Jenderal Ahmad Yani, simpang lima Muara Rapak ini diresmikan Menteri ESDM didampingi oleh Wali Kota Balikpapan beserta jajaran petinggi PT. Pertamina Pusat dan Pertamina Region VI Kalimantan. Kamis, (16/6)

Rombongan Menteri dijadwalkan tiba sekitar pukul 15.00 WITA, karena penundaan pesawat yang ditumpangi oleh Menteri, peresmian SPBG tersebut harus dilakukan malam hari sekitar pukul 19:300 WITA. Ditengah-tengah acara peresmian tersebut Menteri mengatakan Bahwa SPBG ini merupakan bentuk dukungan Pemerintah dalam menyukseskan konversi BBM ke bahan bakar gas dibeberapa daerah Indonesia seperti Balikpapan, Surabaya, Batam, Tarakan, Sumatera Selatan, Bontang, dan akan segera menyusul kota Samarinda.

Sementara untuk Balikpapan sendiri Pertamina telah menyiapkan sekitar 170 konverter yang akan dipasang dikendaraan dinas Pemerintah Kota dan kendaraan umum secara gratis untuk diuji coba. “Jadi ini adalah bagian dari konversi dari  bahan bakar minyak ke bahan bakar gas yang lebih bersih dan lebih murah, perbandingannya kira-kira 50%-60% dari harga BBM. Dan untuk tahap pertama kita sudah siapkan 170 konverter yang akan dipasang di kendaraan Pemkot dan taksi-taksi secara gratis, ini untuk uji coba agar masyarakat terbiasa menggunakan bahan bahan gas,” ujar Menteri.

Lalu Menteri menambahkan bahwasanya target dibukanya SPBG ini masih dalam tahapan mengecek minat masyarakat terhadap penggunaan bahan bakar gas. “Kita akan lakukan bertahap, kita cek dulu bagaimana minat masyarakat, kemudian juga sambil didorong industrinya, dan konverter juga belum waktunya dibangun, nanti setahun kita lihat sambil ditambah lagi stasiunnya,” tambah Menteri.

Kedepannya pihak Pertamina akan membangun sekitar 3 stasiun SPBG di Kota Balikpapan sebagai fasilitas sarana kebutuhan masyarakat yang akan beralih menggunakan gas sebagai bahan bakar kendaraan. Sementara dana yang dikeluarkan oleh Pertamina dalam pembangunan 3 stasiun SPBG di Kota Balikpapan sekitar 103 Miliyar Rupiah. (hms/ecs)