BPMPPKB Bina 6 Posyantek

Juga Miliki 2 Wartek di Margasari dan Klandasan Ilir (SUB)

BALIKPAPAN--Sebagaimana diketahui bahwa teknologi merupakan salah satu faktor pendorong perubahan, baik perubahan di bidang ekonomi maupun sosial budaya masyarakat.  Oleh karena itu, alih teknologi ke masyarakat dalam rangka percepatan pembangunan masyarakat memiliki peran penting.
Selama ini proses alih teknologi ke masyarakat berjalan mengikuti mekanisme pasar. 

“Artinya, bahwa  alih teknologi terjadi tentunya ada berbagai faktor,  ada yang dikarenakan  kebutuhan atau permintaan.  Mengingat faktor-faktor tertentu, seperti kesenjangan akses informasi, keterbatasan modal, dan kendala geografi, maka dalam proses alih teknologi khususnya Teknologi Tepat Guna (TTG)kepada masyarakat diperlukan campur tangan pemerintah untuk akselerasinya/percepatannya,” terang Kabid Pemberdayaan Masyarakat, BPMPPKB Kota Balikpapan, Santi Sohot, kemarin.


Menurutnya, dalam rangka mengupayakan adanya peran dari Pos Pelayanan teknologi dalam  peningkatan akses masyarakat terhadap TTG, berdasar Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2010 tentang Pemberdayaan Masyarakat melalui Pengelolaan Teknologi Tepat Guna, istilah Posyantekdes dirubah menjadi Posyantek (Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna). 

“Untuk Kota Balikpapan Posyantek telah dilakukan mulai dari sosialisasi, pembentukan dan pembinaan dan pendampingan. Awal Tahun 2014 dilakukan sosialisasi dan berlanjut ke tahap pembentukan dan pembinaan dan di Kota Balikpapan sudah terbentuk Posyantek di 6 kecamatan, artinya bahwa semua kecatan sudah terbentuk Posyantek. Selaku pembina secara langsung adalah camat,” tambah Santi.

Adapun posyantek posyantek yang ada di kecamatan adalah sebagai berikut;

Untuk wilayah Kecamatan Balikpapan Selatan, nama Posyantek adalah “Pinandita” yang pada tahun 2015 sebagai pemenang harapan II Posyantek terbaik tingkat Provinsi Kalimanatan Timur yang diketuai oleh Bapak Supardi.

Wilayah Kecamatan Balikpapan  Kota , Posyantek “Beriman” ketua Bapak Bambang Supriyatno

Wilayah Kecamatan Balikpapan Tengah, Posyantek  “Sejahtera” Ketua Maryono

Wilayah Kecamatan Balikpapan Utara, Posyantek “Anggada Baru” Ketua Bapak Budi Irawan

Wilayah Kecamatan Balikpapan Barat , Posyantek “Kencana” Ketua Bapak Arrohim, serta wilayah Kecamatan Balikpapan Timur, Posyantek “Berdikari” Ketua Bapak Ambo Atja.

“Untuk ditingkat kelurahan sebagai wadah pengembangan, pembinaan dan transformasi informasi berkaitan dengan Teknologi Tepat Guna dinamakan Warung Teknologi (Wartek), untuk Kota Balikpapan Warung Teknologi baru terbentuk di 2 Kelurahan yaitu Kelurahan Margasari ketua bapak Sabar, Kelurahan Klandasan ilir Bapak Agus Wahono,” jelas Santi. (***han)