Gala Dinner Jadi Pembuka TTG IV 2016

BALIKPAPAN-Gala Dinner di The New Benakutai Hotel tadi malam, menjadi rangkaian Gelar Teknologi Tepat Guna IV Provinsi Kaltim 18-22 Juli di Balikpapan Sport Convention Center (DOME/BSCC). "Malam ini ada berbagai suguhan hiburan untuk peserta (sebagai malam keakraban). Ada peragaan batik Balikpapan hingga musik tradisional," kata panitia daerah Santi Sohot dijumpai di sela kegiatan tadi malam.

Ya, untuk keempat kalinya, Balikpapan terpilih sebagai tuan rumah. Ajang ini melibatkan seluruh kabupaten dan kota se-Kaltim. Bertujuan untuk menghasilkan alat sederhana namun tepat guna dan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat. "Terurama dalam hal peningkatan ekonomi dan berguna bagi peningkatan produksi juga efesiensi terhadap penggunaan energi," terang Kepala Bidang PMPP Badan PMPPKB Kota Balikpapan ini. Adapun kriteria teknologi yang diusung di antaranya memenuhi unsur sosial dan budaya, tidak mencemari lingkungan maupun memberi efek negatif bagi kesehatan

Ada 2 kategori yang dilombakan yakni umum dan pelajar/mahasiswa dengan total 20 peserta yang terdaftar. Kalangan pelajar paling mendominasi dan akan menampilkan produk dalam bentuk percontohan. 

Lebih lanjut dia menerangkan, TTG IV juga akan dimeriahkan kehadiran 40 stan. 20 stan merupakan partisipan dan 20 stan lainnya melibatkan sejumlah pihak di Balikpapan. Di antaranya SKPD terkait, ada juga pelaku usaha di bawah binaan Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Perindagkop) hingga sejumlah komunitas.

Dalam ajang tersebut, Wakil Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas'ud berkesempatan hadir berharap, TTG IV 2016 memotivasi warga kota menciptakan inovasi melalui teknologi. "Ini sesuai program pemerintah kota untuk meningkatkan kualitas SDM," serunya. Bagi peserta dengan inovasi terbaik juga diharapkan semakin terpacu untuk berkreasi sementara bagi yang tidak terpilih, kian terinspirasi.

Selanjutnya, Selasa (19/7) TTG IV akan dibuka. Wakil Gubernur HM Mukmin Faisal HP dijadwalkan hadir. (*)