Walikota Sambut Baik Kehadiran RS Hermina di Balikpapan

Walikota Balikpapan Rizal Effendi secara simbolis melakukan peletakan batu pertama pembangunan RS Hermina di Jl. MT. Haryono Kecamatan Balikpapan Selatan, Rabu (20/7). Seremonial peletakan batu pertama tersebut juga dihadiri oleh Dandim 0905 Kota Balikpapan Letkol Inf Heri Setya.

RS Hermina dibangun di atas lahan seluas 8.000 m2 yang dimulai pada bulan Juni 2016 dan ditargetkan rampung pada Januari 2017.

Menurut Direktur PT. Medica Loca RS Hermina Brigjen (Purn) TNI Dr. Hasmoro, RS Hermina yang dibangun di Balikpapan merupakan Rumah Sakit Tipe C, dan bisa menerima pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial  (BPJS).

“Di Rumah Sakit ini selain untuk bersalin juga akan ada klinik ibu dan anak, hemodialisis, serta klinik tumbuh kembang anak yang merupakan salah satu keunggulan kami,” jelas Dr. Hasmoro. Lebih lanjut dia mengatakan untuk tahap awal pembangunan rumah sakit itersebut terdapat 50-70 tempat tidur dan tahap selanjutnya akan dikembangkan menjadi rumah sakit tipe B yang memiliki 140 tempat tidur. “Kami harap dengan keberadaan rumah sakit ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Kota Balikpapan,” jelas Dr. Hasmoro.

“Saya  atas nama Pemerintah Kota Balikpapan memberi penghargaan yang luar biasa karena ada tokoh senior yang mengabdi di Balikpapan seperti Dr. Hasmoro,” jelas Walikota Rizal Effendi dalam sambutannya.

Walikota juga memberikan apresiasi terhadap kehadiran RS Hermina di Kota Balikpapan. “Apalagi RS Hermina memiliki klinik tumbuh kembang anak yang menjadi unggulan sehingga hal ini menjadi perhatian bagi kita semua karena seiring dengan naiknya angka harapan hidup, maka kita harap derajat kesehatan juga meningkat, “ harap walikota Rizal Effendi.

“Tantangan kami kedepan adalah untuk meminimalkan tingkat kematian ibu dan anak karena hal tersebut menjadi tujuan MDGs (Millennium Development Goals) kami, dan kami telah memiliki Perda KIBLA (Kesehatan Ibu, Bayi Baru Lahir, Bayi dan Anak Balita)  untuk mengatur hal tersebut,” jelas Walikota.

Usai memberikan sambutan Walikota Balikpapan juga memberikan secara langsung dokumen perizinan RS Hermina kepada direktur PT. Medica loca Dr. Hasmoro dilanjutkan dengan melakukan pemotongan tumpeng. (Hms/met)