Wagub Mukmin Faisyal Buka Gelar TTG di Dome

Jauhar:TTG Ajang Memperkenalkan Teknologi Ciptaan Masyarakat

BALIKPAPAN – Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Provinsi Kaltim menggelar pameran Teknologi Tepat Guna (TTG) tingkat Provinsi Kaltim ke-IV tahun 2016.
Acara yang berlangsung 18-22 Juli 2016 di Gedung Dome, Balikpapan Sport & Convention Center (BSCC) ini diikuti 10 peserta dari berbagai Kabupaten/Kota di Kaltim.
Acara yang memperkenalkan hasil atau produk teknologi tepat guna yang diciptakan masyarakat ini dibuka Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim Mukmin Faisyal HP didampingi Wakil Wali Kota Rahmad Mas’ud serta sejumlah pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungn Pemkot Balikpapan.
Kepala BPMPD Provinsi Kaltim HM Jauhar Efendi menjelaskan, TTG merupakan ajang mengenalkan alat-alat yang diciptakan oleh masyarakat untuk menghasilkan produk.
"Teknologi yang dibuat ini dari bahan yang ramah lingkungan dan dapat menghasilkan produk, serta bermanfaat untuk kemandirian ekonomi," katanya, di sela-sela gelar TTG, kepada Balikpapan Pos, Selasa (19/7).
Jauhar mengatakan, dalam gelar TTG ini juga dinilai oleh tim untuk lombakan dan peserta yang menang akan diikutsertakan pada tingkat nasional nantinya.
Selain itu, dalam gelar TTG juga ada berbagai kegiatan diantaranya pemberian secara simbolis bantuan Posyantek percontohan untuk 10 kabupaten/kota se-kaltim, lokakarya, pameran teknologi dan melakukan widya wisata ke tempat pembuangan akhir Manggar dan Kebun Sayur Balikpapan.
"Dengan TTG ini harapannya masyarakat dapat memanfaatkan alat yang sudah diciptakan dengan memproduksi produknya dan menghasilkan ekonomi, yang bisa mensejahterakan ekonomi masyarakat," harap Jauhar.
Untuk diketahui, teknologi tepat guna yang dipamerkan dari mesin pemarut dan penyaring sagu, alat penyedot debu dan daun, hingga penyiram tanaman dengan remote dan berbagai teknologi lainnya.
Gelar teknologi tepat guna ini juga diikuti oleh pelajar dan mahasiswa dari perguruan tinggi di Kalimantan Timur.
Sementara itu, Wagub Mukmin Faisyal dalam sambutannya berharap gelaran TTG ini ke depan terus dikembangkan seluruh stakeholder, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.
“Dengan adanya gelaran TTG, kita akan mampu meningkatkan daya saing, nilai tambah, keunggulan kreativitas dan produktivitas menuju keberdayaan dan kemandirian masyarakat. Serta akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” sebut dia.(tur/vie)