Gelar TTG IV Resmi Berakhir

Berau Bersiap Jadi Tuan Rumah 

BALIKPAPAN-Penutupan pameran Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) berlangsung di Gedung Balikpapan Sport & Convention Center (BSCC) pada Jumat (22/7). Saat penutupan, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Provinsi Kaltim sekaligus Panitia Pameran TTG HM Jauhar Efendi mengatakan, pameran TTG Provinsi Kaltim kelima yang berlangsung tahun depan sudah disepakati Kabupaten Berau terpilih menjadi tuan rumah.
“Sesuai dengan kesepakatan, Kabupaten Berau yang terpilih menjadi tuan rumah untuk TTG Provinsi Kaltim tahun depan,” ujar Jauhar dalam sambutannya, kemarin.
Jauhar mengimbau kepada semua kepala daerah di Kaltim untuk memberikan perhatian serius dalam memberikan pembinaan dan pengembangan TTG.
“Pemprov Kaltim juga sudah memberikan bantuan berupa dana stimulan kepada beberapa Posyaktek yang terpilih masing Rp 35 juta. Saya pikir dana itu sudah cukup untuk mengembangkan Posyakteknya,” ucapnya.
Lebih lanjut ia mengemukakan, sebenarnya teknologi yang paling berpotensi di Kaltim adalah TTG yang lebih banyak bersentuhan dengan masyarakat di sekitarnya.
“Kita tahu di Balikpapan ada potensi perikanan, pertanian, perkebunan dan lain sebagainya,” sebutnya.
Selain itu, ia juga berharap setelah adanya temuan-temuan teknologi ini tidak terhenti di jalan.
“Paling tidak setelah adanya temuan-temuan ini instansi terkait supaya bisa memberikan perhatian, misalnya mengusulkan untuk hak cipta atau hak paten, ini sangat penting sehingga ketika dikembabgkan tidak ada yang klaim bahwa temuan ini sudah diperoleh oleh orang atau kelompok tersebut,” jelasnya.
Agenda TTG berlangsung sejak 18 hingga 22 Juli 2016, diawali dengan pembukaan TTG, loka karya, wisata widiya teknologi di tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Manggar, serta wisata belanja di Kebun Sayur.
“Tentu kita tidak ingin kegitan ini sekadar serimonial namun yang paling penting adalah bagaimana TTG yang telah diciptakan itu bisa dimanfaatkan sebanyak mungkin oleh warga di sekitarnya,” harapnya.
Pada penutupan TTG kemarin diumumkan peraih lomba Posyantek, pemenang TTG Provinsi Kaltim 2016 dan pemenang stand favorit tingkat Provinsi Kaltim. (tur/yud)