Jemaah Calon Haji Kota Balikpapan Siap ke Baitullah

Balikpapan, balikpapan.go.id – Sebanyak 398 orang calon haji dari Kota Balikpapan, dua orang diantaranya adalah Petugas TPHD, siap berangkat menuju tanah suci untuk menunaikan Rukun Islam ke-5. Pada Rabu (10/8) Pemerintah Kota Balikpapan menggelar upacara pelepasan bagi jemaah calon haji Kota Balikpapan yang akan berangkat beberapa hari mendatang.

Plt Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan M. Alvi Taufik  dalam laporannya menyampaikan bahwa jemaah calon haji dari Kota Balikpapan akan diberangkat dalam 2 (kloter) kelompok terbang.

“Inshaallah jemaah calon haji Kota Balikpapan akan berangkat dalam 2 kloter yaitu pertama dalam Kloter III Embarkasi Balikpapan dan kloter XII,” ujar Alvi.

“Kloter III akan masuk asrama pada tanggal 12 Agustus dan diterbangkan pada 13 Agustus 2016 pukul 00.55 Wita. Selama di Mekah mereka akan tinggal di Hotel Arkan dijadwalkan Kloter III akan kembali ke tanah air pada 22 September 2016.”

“Kemudian untuk Kloter XII akan memasuki asrama haji pada tanggal 25 Agustus dan akan diberangkatkan tanggal 26 Agustus 2016 bersama dengan jemaah calon haji dari kabupaten/kota lain dari Kalimantan Timur. Kloter XII dijadwalkan akan kembali ke tanah air pada 5 Oktober 2016,” imbuh Alvi.

Sementara itu Wakil Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas’ud dalam pidatonya kembali mengingatkan kepada seluruh jemaah calon haji untuk tetap meneguhkan niatnya selama berada di tanah suci untuk beribadah.

“Pesan saya, pokoknya Bapak/Ibu sekalian selama di tanah suci tetapkan tujuan dan niatnya hanya untuk beribadah. Tidak perlu memikirkan yang lain, apalagi berbelanja,” ujar Wawali.

“Dan pada saat pelaksanaan Wukuf di Arafah diupayakan untuk tidak tidur terutama menjelang senja meskipun kadang-kadang berat. Karena biasanya godaan berupa rasa kantuk sering menyerang pada saat-saat itu. Untuk itu, tetaplah jaga kesehatan supaya kondisi badan tetap sehat dan bisa menyelesaikan rangkaian ibadah dengan sempurna,” tandas Wawali.

Untuk musim haji tahun ini, tercatat calon haji tertua dari Kota Balikpapan berusia 84 tahun  dan termuda 28 tahun. Berdasarkan informasi dari Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan, antrian keberangkatan calon haji untuk Kota Balikpapan cukup panjang yaitu tercatat sampai dengan tanggal 1 Agustus 2016 mencapai lebih dari 9400 orang yang diperkirakan akan selesai diberangkatkan sampai dengan tahun 2039.(hms/nov, foto:rfk)