Fisik Sirkuit Lamaru Segera Dibangun

Pelan tapi pasti, pembangunan sirkuit balap (road race) di Kelurahan Lamaru, Balikpapan Timur, terus berjalan. Tahun ini proyek tersebut seharusnya menerima kucuran Rp 7 miliar. Namun karena rasionalisasi anggaran, alokasi dipangkas menjadi Rp 5 miliar.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Tara Allorante menjelaskan, saat ini pemenang lelang tengah dalam persiapan untuk pekerjaan di lapangan. “PT Nurhasanah menang nilai Rp 4,635 miliar,” ujarnya didampingi Kabid Bina Marga Dinas PU Achmad Safei.

Ia menambahkan, paket pekerjaan adalah melanjutkan lapis fondasi bawah yang sebagian sudah dikerjakan pada tahun lalu. Saat ini, pembangunan fokus pada pekerjaan fisik sirkuit berkelas nasional dulu. Sedangkan tahun lalu sudah ada alokasi Rp 40 miliar untuk pekerjaan tanah, pembangunan box culvert, serta lapis fondasi bawah sepanjang 1.200 meter. “Masih kurang 1.300 meter yang akan dicicil tahun ini,” tambahnya.

Luasan lahan yang telah dibebaskan untuk sirkuit ini sekitar 70 hektare. Namun baru 40 hektare yang sudah dikerjakan untuk kebutuhan sirkuit kelas nasional. Panjang lintasan 2.500 meter dengan enam tikungan. Panjang lintasan lurus 575 meter dengan lebar lintasan 20 meter. Selain lintasan lurus, lebar lintasan 15 meter.

Jika sirkuit ditingkatkan menjadi kelas internasional, lintasan akan diperpanjang menjadi 3.667 meter dengan panjang lintasan lurus 775 meter. Jumlah tikungan juga bertambah menjadi 12 tikungan. Terdiri dari delapan tikungan ke kanan dan empat ke kiri. Beberapa fasilitas pelengkap yang dimiliki sirkuit ini di antaranya tempat parkir mobil, motor, bus serta kontainer, helipad, paddock/pit lane, terowongan, medical center, dan lain-lain. (*/srt/rsh2/k18)

 

 

Sumber: Kaltim Post