Upacara HUT RI Ke-71 Berlangsung Hikmat

Balikpapan, Humaspro – Upacara dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 berlangsung hikmat di Lapangan Merdeka, Rabu (17/8). Sekitar 74 Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) melaksanakan tugasnya dengan baik untuk menaikan Sang Saka Merah Putih. Seluruh tamu undangan memadati podium upacara sejak pukul 08.30 pagi, undangan terdiri dari unsur Muspida, sesepuh Kota Balikpapan, serta berbagai aliansi masyarakat di Kota Balikpapan.

Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi. Sekitar pukul 09.45 Wali Kota memasuki lapangan upacara sekaligus menandakan upacara di mulai. Dalam sambutannya Wali Kota menghimbau bahwasanya perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71 ini harus dijadikan sebagai momentum kebangkitan bekerja, bekerja secara nyata untuk Indonesia yang lebih baik.

Setelah melaksanakan upacara, Wali Kota dalam wawancaranya mengatakan bahwa perayaan HUT RI ke-71 bertepatan dengan permasalahan efisiensi anggaran yang sedang diberlakukan di seluruh Wilayah Indonesia. Wali Kota menambahkan efesiensi anggaran saat ini menjadi pengaruh untuk dapat melakukan pergelaran HUT RI ke-71.

“Tahun ini untuk perayaan HUT RI ke-71 tetap berlangsung secara hikmat, hanya saja ada beberapa egenda yang kami ubah dikarenakan anggaran yang minim. Untuk resepsi nanti malam juga tidak kami laksanakan di Dome, melainkan di Aula Pemerintah Kota Balikpapan. Hal ini merupakan cara kita untuk tetap melaksanakan momentum perayaan Kemerdekaan RI Ke-71 walaupun tengah berada dalam kondisi seperti sekarang ini,” ujar Wali Kota.

Wali Kota menambahkan bahwa ditengah kondisi krisis seperti ini seluruh masyarakat khususnya masyarakat Kota Balikpapan harus menjalankan intruksi Presiden yang tertuang dalam tema besar HUT RI Ke-71 yaitu “Kerja Nyata”. “Sesuai instruksi Presiden, kita harus terus bergerak dan bekerja secara nyata, dalam hal ini bekerja untuk mendapatkan hasil yang baik untuk kemajuan bangsa Indoensia,” tambah Wali Kota.

Selanjutnya Wali Kota berserta Wakil Wali Kota Balikpapan didampingi tamu undangan mengunjungi beberapa pementasan lomba yang berlangsung di Lapangan 3 Merdeka. Para tamu undangan sangat antusias menyaksikan berbagai jenis perlombaan, salah satunya perlombaan panjat pinang yang mampu memberikan gelak tawa bagi tamu undnagan maupun  masyarakat yang datang. (hms/ecs)