Untuk Anda yang Gemar Membaca, Ini Untuk Anda

Balikpapan,balikpapan.go.id – Buku adalah jendela dunia, dan kunci untuk membukanya adalah membaca. Sejalan dengan pesan tersebut sekaligus sebagai bagian dari rangkaian acara HUT ke-71 Kemerdekaan RI dan peringatan HUT ke-63 Bank Indonesia, Jumat (19/8) Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi meresmikan Pojok Bank Indonesia (BI Corner) Tahun 2016 di lantai III Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Balikpapan.

Dalam siaran pers yang dirilis oleh pihak Bank Indonesia Kamis lalu dinyatakan BI Corner adalah perpustakaan mini Bank Indonesia yang ditempatkan di Perpustakaan Daerah atau Perpustakaan Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia, yang dilengkapi dengan desain dan fasilitas yang memadai, koleksi pustaka yang berkualitas baik dari dalam maupun luar negeri, dan pustaka digital. Tidak hanya menyediakan koleksi bahan bacaan nantinya akan ada program-program bermutu seperti diskusi dan bedah buku serta bincang santai terkait ekonomi.

Lebih lanjut dikemukakan bahwa tujuan pembangunan BI Corner adalah agar masyarakat dapat mengakses dan memperoleh informasi atau literatur terkini yang berkualitas baik dari dalam maupun luar negeri, terutama dibidang ekonomi dan keuangan. Selain itu, diharapkan masyarakat dapat lebih mengenal dan memahami tugas dan peran Bank Indonesia dalam perekonomian Indonesia melalui kegiatan edukasi dan sosialisasi. Tujuan berikutnya adalah menciptakan komunitas berliterasi keuangan dan generasi yang gemar membaca.

BI Corner merupakan salah satu Program Sosial Bank Indonesia dengan tema “Indonesia Cerdas” yang dicanangkan sejak tahun 2015. Secara bertahap dalam jangka waktu 5 tahun (s.d tahun 2020), 1.000 BI Corner direncanakan hadir di Perguruan Tinggi dan Perpustakaan Daerah terpilih serta beberapa sarana publik strategis di seluruh Indonesia.

Untuk tahun 2016, BI Corner sebanyak 2 unit diserahkan oleh Kepala Kantor Perwakilan BI Balikpapan, Suherman Tabrani kepada Perpustakaan Kota Balikpapan dan Perpustakaan Universitas Balikpapan.  Selain itu, Bank Indonesia juga akan menyampaikan bantuan Pustaka Digital kepada Perpustakaan Daerah, Universitas Balikpapan, STIE Madani dan STIKOM Balikpapan. Sebelumnya, di tahun 2015 BI Corner diserahkan kepada beberapa perguruan tinggi swasta di Balikpapan dan Perpustakaan Provinsi Kalimantan Timur.

Usai menyaksikan penandatangan nota kesepahamana antara BI, Perpustakaan Kota Balikpapan, dan Universitas Balikpapan, dalam kesempatan ini Wali Kota Balikpapan menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba perpustakaan SKPD, Kelurahan,  dan taman baca Tingkat Kota Balikpapan.

Berikut ini adalah para pemenang lomba perpustakaan SKPD, Kelurahan,  dan taman baca Tingkat Kota Balikpapan :

Juara I : Kelurahan Damai Baru

Juara II : Kelurahan Karang Jati

Juara III : Kelurahan Baru Tengah

(hms/nov, foto :wirf)