300 Pebulutangkis Internasional Siap Berlaga di Yonex Sunrise Indonesia Master 2016

Balikpapan, balikpapan.go.id – 300 atlet dari 11 negara telah tiba di Kota Balikpapan dan siap mengikuti kejuaraan bulutangkis internasional bertajuk Yonex Sunrise Indonesia Master 2016. Sejumlah negara yang dipastikan akan mengikuti pertandingan yang akan digelar lebih kurang selama sepekan  (tanggal 6 -11 September 2016) di Balikpapan Sport and Convention Center (DOME) antara lain Indonesia, India, Canada, Jepang, Korea, Malaysia, Singapore, Vietnam, China, Thailand, dan Hongkong.

Terpilihnya Kota Balikpapan sebagai tuan rumah kejuaraan berskala internasional ini telah melalui perjuangan yang cukup panjang.

Kepada tim liputan Humaspro, Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Disporabudpar Balikpapan, Irfan Taufik, menyampaikan bahwa kejuaraan ini termasuk dalam agenda kegiatan federasi bulutangkis dunia (Badminton World Federation) dan PBSI (Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia).

“Awalnya ada beberapa kota yang menjadi nominasi untuk penyelenggaraan even ini seperti Palembang dan Malang. Kemudian, baik BWF dan PBSI, keduanya melakukan survei dan seleksi yang ketat terhadap kota-kota yang mempunyai potensi menjadi tuan rumah seperti sarana-prasaran dan infrastruktur pendukungnya. Akhirnya mereka memilih Balikpapan,” terang Irfan.

Tak kurang, sejumlah atlet ternama ikut pada acara berhadiah total USD 120 ribu, seperti Sony Dwi Kuncoro, Jonathan Christie, atlet asal Chine Chen Yufei (Juara Asia Junior Championship 2016), Angga Pratama/Riki Karanda pemain ganda putra asal Indonesia, Ikhsan Maulana (peringkat 17 dunia).

“Ajang ini cukup bergensi dan bagi para pebulutangkis, ajang ini merupakan arena untuk memperbaiki dan meningkatkan peringkat mereka dalam peringkat pemain internasional,” lanjut Irfan.

“Bagi yang berminat menyaksikan langsung pertandingan ini, tiket dijual langsung di DOME dengan harga tiket masuk berkisar antara Rp 50 ribu – Rp 150 ribu,” pungkas Irfan. (hms/nov)