Kepala BLH Tinjau Proyek Pemilahan Sampah Berbasis 3R

Balikpapan, balikpapan.go.id - Kepala BLH Kota Balikpapan Suryanto melakukan peninjauan proyek percontohan pemilahan sampah berbasis 3R (Reduce, Reuse, dan recycle) di Kelurahan Gunung Bahagia, Kamis (1/9). Peninjauan tersebut dilakukan bersama dengan Mitra dan Tim Japan International Cooperation Agency (JICA) 3R. Saat peninjauan  didampingi oleh  tiga orang Tim Ahli JICA dari  Jepang  yakni Katayama, Yamauchi, dan Otsuki.

Peninjauan dilakukan pada pukul 07.00 – 09.00 karena merupakan waktu pengumpulan sampah di tempat tersebut. Namun ditemukan masih ada beberapa warga masih membuang sampah tidak sesuai dengan jadwal yang ditentukan dan masih ada sampah yang belum dipilah. “Hari Kamis ini pada zona 1 di RT 22 ini merupakan jadwal pembuangan untuk sampah daur ulang tetapi TPS3R yang dialih fungsikan oleh warga menjadi halte sampah masih banyak yang tidak sesuai dengan ketentuan," jelas Suryanto.

Menurut Suryanto warga perlu untuk mengikuti  ketentuan yang sudah dibuat di area proyek percontohan seperti jadwal pembuangan sampah hingga ketentuan untuk memilah sampah terlebih dahulu.

Suryanto berharap keberhasilan proyek percontohan pemilahan sampah berbasis 3R di kelurahan Gunung Bahagia nantinya akan menjadi proyek percontohan se-Indonesia.  (NS/BPN3R Hms/met).