KRI Dewa Ruci Berlabuh Di Balikpapan

Balikpapan, Humaspro - Setelah berlayar dari Makassar, Kapal Republik Indonesia (KRI) Dewa Ruci berlabuh di Pelabuhan Semayang Balikpapan pada Senin (26/9). Kedatangan KRI Dewa Ruci yang membawa taruna Angkatan Laut peserta Asean Cadet Sail 2016 disambut oleh Walikota Balikpapan Rizal Effendi dan Komandan Lanal Balikpapan Letkol (P) Irwan S.P Siagian.

KRI Dewa Ruci yang dipimpin oleh Komandan Letkol Laut (P) Widiatmoko Baruno Aji  dijadwalkan  berada di Pelabuhan Semayang Balikpapan selama tiga hari mulai dari tanggal 26 – 28 September 2016. “Selama tiga hari berada di Balikpapan, kami akan menggelar open ship bagi warga Kota Balikpapan yang ingin naik ke atas geladak kapal untuk melihat dari dekat KRI Dewa Ruci,” jelas Widiatmoko. Warga Balikpapan diberi kesempatan untuk mengunjungi dan naik ke KRI Dewa Ruci tersebut mulai pukul 09.00  – 22.00 wita.

Menurut Widiatmoko, Asean Cadet Sail 2016 ini merupakan program pertama yang diikuti oleh negara Asean kecuali Laos dan Brunei. “Sehingga ada 8 negara yang turut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut dan masing-masing negara mengirimkan 5 orang taruna,” jelasnya.

Sementara itu menurut Danlana Balikpapan Letkol (P) Irwan S.P Siagian  program Asean Cadet Sail 2016 bertujuan untuk mempererat persahabatan antar taruna terutama negara Asean, selain itu  juga membawa misi budaya.

Dalam rangkaian kegiatan Asean Cadet Sail 2016, para taruna dari beberapa negara Asean tersebut juga melakukan kunjungan kehormatan ke Pemerintah Kota Balikpapan yang disambut oleh Asisten Tata Pemerintahan Sekretaris Daerah Kota Balikpapan Syaful Bahri. (hms/met foto: rey)