Tingkatkan Minat Wisatawan Melalui Festival Kuliner dan Belanja

Balikpapan, Humaspro - Dalam rangka pelaksanaan percepatan pengembangan destinasi wisata kuliner dan belanja, Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APBI) menyelenggarakan Wonderful Indonesia Culinary & Shopping Festival (WICSF) 2016.

Even ini diadakan serempak di 12 Provinsi mulai tanggal 27 September sampai dengan tanggal 27 Oktober 2016.  Beberapa  provinsi yang tergabung dalam event ini antara lain Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Selatan, D.I Yogyakarta, DKI Jakarta, Kalimantan Timur, Banten, Bali, dan Riau.

Dalam kesempatan kali ini, Pentacity Shopping Venue Balikpapan mewakili Provinsi Kalimantan Timur terpilih untuk mengadakan festival kuliner dan belanja tersebut . Acara tersebut  dibuka oleh Walikota Balikpapan Rizal Effendi pada Selasa (27/9). Walikota turut didampingi oleh Ketua Dewa Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Balikpapan Arita Rizal Effendi, Kepala Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar)  Balikpapan Oemy Facessly, dan Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Dortje Marpaung.

Terdapat beragam stand makanan dan produk UKM yang berlokasi di Pentacity tersebut. Festival tersebut juga menghadirkan berbagai macam hiburan seperti tari-tarian tradisional, penampilan musisi lokal,  serta stand kuliner dan kerajinan tangan khas Kalimantan Timur.

Menurut Walikota Rizal Effendi acara ini dapat meningkatkan aktifitas pariwisata di Indonesia melalui sektor kuliner dan belanja  yang sejalan dengan misi Kementerian Pariwisata untuk meningkatkan jumlah pengunjung wisatawan.

“Dengan adanya festival ini saya mengajak masyarakat Kalimantan Timur khususnya warga Kota Balikpapan untuk lebih mencintai dan melestarikan budaya kearifan lokal dan kuliner  khas Kalimantan Timur,” ujar Walikota menutup sambutannya.  (Hms/met Foto: Rey)